Pemerintah Indonesia Siapkan Pembelaan Terhadap Siti Aisyah

Editor : Endhy

Online24, Jakarta – Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri Indonesia mengatakan bahwa berkas terkait kasus Siti Aisyah saat ini sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tinggi Malaysia. Retno menuturkan, tim pengacara saat ini tengah mengumpulkan bukti-bukti, serta mempersiapkan pembelaan terhadap Siti Aisyah di Pengadilan Tinggi.

Siti Aisyah merupakan salah satu dari dua orang yang diduga melakukan pembunuhan terhadap kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, yakni Kim Jong-nam. Satu terdakwa lainnya adalah seorang warga negara Vietnam.

“Hari ini, Siti Aisyah sudah menghadiri sidang yang ketiga dan di persidangan dia didampingi oleh tujuh orang pengacara. Setelah mempelajari bukti-bukti jaksa penuntut umum, akhirnya hakim memutuskan untuk meneruskan kasus tersebut ke Pengadilan Tinggi Selangor,” tutur Retno pada Selasa (30/5/2017).

“Hakim menetapkan salinan bukti-bukti Jaksa Penuntut Umum harus diberikan kepada pengacara dua terdakwa selambat-lambatnya dua pekan sebelum sidang perdana di Pengadilan Tinggi,” imbuhnya.

Retno juga mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui kapan persidangan pertama di Pengadilan Tinggi akan digelar. Tetapi, dia menyebut berdasarkan informasi yang beredar kemungkinan besar sidang itu akan digelar setelah Ramadhan.

Selain itu, dia menambahkan bahwa tim pengacara Siti Aisyah sedang menunggu pemberitahuan tanggal persidangan untuk dipelajari kembali dalam menyusun pembelaan.

“Kita tetap dalam jalur asas praduga tak bersalah sampai terbukti betul. Kita juga memperkaya bukti-bukti untuk melakukan pembelaan,” tuturnya.