Peringati Hari Pancasila, Foto ‘Saya Indonesia Saya Pancasila’ Viral di Medsos

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Selain upacara bendera yang seringkali menjadi ciri khas dalam peringatan hari bersejarah di Indonesia, ada hal menarik yang terlihat di sosial media Instagram. Para penghuni Instagram, tidak mau ketinggalan ikut berpartisipasi memperingati hari lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni.

Foto bertuliskan ‘Saya Indonesia Saya Pancasila’, berlatar merah putih menjadi viral di Instagram. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia yang menggunakan Instagram, mengunggah foto mereka bersampingan dengan tulisan tersebut. Mulai dari kalangan pejabat pemerintah, kepolisan, selebritis, pengusaha, hingga masyarakat biasa.

Tidak hanya itu, dalam memaknai peringatan hari Pancasila, mereka punya histori tersendiri yang mereka utarakan dalam setiap caption-nya, ditengah maraknya isu sara yang mulai mengancam Kebhinekaan di Indonesia.

Dari akun Instagram artis cantik @Gisel_la ia menuliskan,”Masih ingat semangat baris berbaris di taman kanak-kanak, menyerukan dengan lantang isi pancasila tiap pagi. Hafal, tanpa terlalu mengerti maksud kata perkaranya di masa dulu. Lalu sekarang, setelah dewasa, setelah paham betul makna dan arti Pancasila, namun kadang kurang kesadaran kita, dan di masa-masa seperti sekarang ini, ingin rasanya meneriakkan dengan lantang seperti dulu, supaya semua sama-sama ingat kalau kita ini satu, kita Pancasila!,”

Model cantik Luna Maya, dalam akun Instagramnya @Lunamaya menuliskan,”Udah gak jaman lagi ngomongin SUARA karena #SayaIndonesia #SayaPancasila #PekanPancasila,”

“Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh Indonesia,” tulis Akun Instagram Kapolres Pare-Pare, @Priabudi.

VJ Daniel dalam akun Instagramnya @Vjdaniel menuliskan,”Pahlawan kita memperjuangkan kemerdekaan untuk kita, supaya kita semua merdeka sebagai orang Indonesia dibawa 5 prinsip… Pancasila! #Pekanpancasila,”

Sementara, orang nomor satu di Indonesia memanfaatkan moment hari lahir pancasila dengan mengadakan ‘Pekan Pancasila’ sejak 29 Mei 2017 hingga 4 Juni 2017 mendatang, dengan tema ‘Saya Indonesia Saya Pancasila’ di Halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat.

Dalam akun Instagramnya @jokowi, Presiden ketujuh RI ini mengatakan, pekan pancasila digelar untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap pancasila. Sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia, dapat menerapkan nilai-nilai pancasila kedalam kehidupan berbangsa dan bernegara.