Bambapuang, Desa Pertama Yang Memiliki Kotak ZIS

Editor : Lucky

Online24, Enrekang – Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang adalah satu-satunya desa yang saat ini memiliki Kotak Amal. Kotak Amal dimaksud berada di setiap rumah tangga dan diberi nama ZIS (Zakat, Infaq, dan Shodaqah).

Kotak Amal ini sudah berjalan selama  2 tahun. Kepala Desa Bambapuang, Abdul Muis, menceritakan kisah sehingga kotak Zis bisa ada di setiap rumah di desa tersebut.

“Dulu ada program dari PKK, dimana setiap rumah menyumbang beras setiap bulan satu liter untuk kegiatan sosial kemasyarakatan di Desa Bambapuang. Sayangnya, program ini tidak efektif dan tidak maksimal manfaat yang dirasakan oleh masyarakat, kata Muis.

“Dari sinilah kita evaluasi dengan mengundang seluruh tokoh masyarakat untuk membicarakan hal terkait dengan program yang lebih efektif dan lebih maslahat untuk masyarakat desa Bambapuang pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Maka munculnya usulan kotak Amal ZIS ini,” ungkap Muis.

Abdul Muis mengatakan, selain perintah agama Islam, caranya juga sederhana dan tidak memberatkan masyarakat. Setiap anggota keluarga secara sukarela memasukkan uang receh  setiap saat dengan niat untuk kepentingan membantu yang berkekurangan dan sangat membutuhkan.

Hasilnya sangat mengejutkan, setiap bulan terkumpul dana Rp 5-7 juta dan kini dana yang dikoordinir oleh masing-masing Kepala Dusun ini sudah mancapai 70 juta. Dana yang terkumpul diperuntukkan untuk membantu orang yang membutuhkan.

“Inilah sesungguhnya misi Basnas, membangun kesadaran berzakat berbazis rumah tangga.¬†Membiasakan anggota keluarga peduli terhadap sesama dengan metode kotak ZiS rumah tangga seperti di desa Bambapuang,” kata Wakil Ketua Baznas, Baharuddin.

Bahar menambahkan akan menjadikan Desa Bambapuang sebagai Pilot Project untuk kegiatan sosial ini. (*)

[fbcomments]