Berita Foto: PSM Makassar Cetak Rekor Baru Bungkam Persipura Jayapura

Editor : ifan Ahmad

Marquee player PSM Makassar, Wiljan Pluim (merah) mengecoh pemain belakang Persipura Jayapura
Marquee player PSM Makassar, Wiljan Pluim (merah) mengecoh pemain belakang Persipura Jayapura

Online24, Makassar – PSM Makassar berhasil menang telak atas tamunya Persipura Jayapura dengan skor 5-1 pada laga pekan ke-9 Liga 1 yang digelar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sabtu (3/6/2017) malam.

Gol pertama PSM dicetak oleh Reinaldo da Costa pada menit ke-6 babak pertama. Melalui umpan yang dilepas Titus Bonai, Reinaldo berhasil menjebol gawang Persipura.

Pada menit ke-31, Gelandang PSM asal Belanda, Marc Anthony Klok menambah keunggulan Tim Juku Eja atas Tim Mutiara Hitam. Gol gelandang muda itu tercipta dari eksekusi bola mati setelah Asnawi dilanggar di sisi kiri pertahanan lawan. Marc yang melepas sepakan ke arah gawang Persipura tidak dapat diantisipasi oleh Yoo Jaehoon. Hingga turun minum, keunggulan PSM atas Persipura masih bertahan 2-0.

Pada babak kedua, PSM Makassar kembali menambah keunggulan. Gol ketiga PSM dicetak oleh Wiljan Pluim pada menit ke-55. Pluim yang berdiri bebas di kotak penalti lawan, mampu menyontek bola datar hasil umpan tarik M Rahmat dan bersarang di gawang Yoo Jaehoon. Hanya berselang 3 menit, Marc Klok kembali mencatat namanya dipapan skor pada menit ke-58. Skor kuat untuk tuan rumah PSM, 4-0.

Pertengahan babak kedua, striker impor PSM, Reinaldo da Costa kembali merobek jala Persipura pada menit ke-64. Tim Juku Eja unggul jauh atas Tim Mutiara Hitam, 5-0.

Ketinggalan 5-0 tidak membuat Persipura Jayapura putus asa mengejar ketertinggalannya. Pada menit ke-69, pemain pengganti Addison Alves mencetak gol hiburan ke gawang PSM yang dijaga oleh Rivky Mokodompit.

Dengan kemenangan telak ini, PSM Makassar mampu mematahkan rekor buruk tidak pernah menang selama 12 tahun dari Persipura Jayapura. Terakhir kali Tim Juku Eja menang 2-1 dari Tim Mutiara Hitam pada Mei 2005 lalu di Divisi Utama.

Hasil ini juga menjadi kekelahan terbesar Persipura di liga. Mereka terakhir kali kalah telak dari Semen Padang 4-0 di TSC 2016 lalu.

Berhasil menambah tiga poin kemenangan di kandang, PSM semakin kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 20 poin. Unggul 4 poin dari Madura United di posisi kedua. Sementara Persipura di posisi ketiga, kalah selisih gol dari Laskar Sapeh Kerrab.