Tenaga Kerja Asing Ilegal Bebas Berkeliaran di Bumi Lasinrang

Editor : Fahmi
Suasana pekerja

Online24, Pinrang – Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok di Pinrang kembali jadi perbincangan. Kabarnya sudah ada 50 TKA yang bekerja di salah satu perusahaan rumput laut, PT Biota Laut Ganggang (BLG).

Perusahaan di Desa Polewali, Kecamatan Suppa itu pun dikabarkan bakal beroperasi pasca lebaran kali ini. Selama pembangunan perusahaan ini banyak mempekerjakan TKA asal Tiongkok.

Dari 50 TKA tak semuanya punya izin bekerja. Informasi yang dihimpun, tak sampai 20 TKA yang punya izin tinggal sementara untuk bekerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pinrang, Syamsuddin, tak begitu tahu soal kondisi TKA di perusahaan tersebut. Apalagi dia cukup jarang melakulan kunjungan atau sidak.

Biasanya sidak dilakukan secara terpadu.  Ada unsur imigrasi, pemkab, kepolisian dan TNI. “Tidak pernah kami sendiri yang pergi. Harus ada pendampingan dari unsur lain,” ungkapnya

Soal jumlah TKA informasi yang dia dapat dari pihak perusahaan, tak sampai 50 orang.  “Saya cuma dapat informasi dari mereka.  Saya juga kurang tahu kondisi disana,” tambahnya.