Mobil Plat Hitam Ambil Penumpang, Dishub Kota Makassar Tidak Segan Berikan Sanksi

Editor : Lucky
Kepala Humas Dishub Kota Makassar, Asis Sila (foto: Ade)
Kepala Humas Dishub Kota Makassar, Asis Sila (foto: Ade)

Online24, Makassar – Sopir angkutan liar berplat hitam (kendaraan pribadi) membuat resah sejumlah sopir angkutan antar kabupaten yang standby di Terminal Malengkeri Makassar. Pasalnya, beberapa pemudik memilih naik mobil angkutan di luar terminal resmi karena mobil plat hitam lebih dahulu menghampiri pemudik.

“Itu biasanya mobil plat hitam pemilik pribadi langsung hampiri penumpang di luar jadi pasti langsung naik itu penumpang. Padahal itu penumpang baru mau masuk ke sini (Terminal Malengkeri),” kesal seorang sopir, Udin (37), ketika ditanya mengenai sopir liar, Senin (19/6/2017).

Akibat maraknya sopir angkutan gelap membuat rugi para sopir yang rela menunggu hingga malam hari.

“Masa langsung biasa diambil itu penumpang, padahal kita ini setiap hari menunggu karena terminal resmi. Jadi biasa kita tidak dapat penumpang,” jelasnya Udin yang merupakan sopir trans Makassar-Bira (Bulukumba).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Humas Dishub Kota Makassar, Asis Sila, saat ditemui di kantornya yang berada di Kecamatan Tamalate, mengatakan bahwa telah melakukan kerja sama dengan aparat hukum dan nantinya akan memberi sanksi berat kepada ‘sopir angkutan gelap’.

“Kami sebenarnya telah membuat tim khusus terpadu yang bekerjasama diantaranya, PD Terminal, Kepolisian, AU, AL, AD sehingga mampu menguatkan keaman, selama arus mudik berlangsung,” ucapnya.

“Tidak hanya itu, kami akan memberikan sanksi kepada sopir angkutan gelap jika tertangkap dan kami tak segan-segan akan kandangkan mobilnya,” tambahnya.(*/Ade)