Watch: Fidget Spinner Mainan Berbahaya Untuk Anak

Editor : Lucky

fidget spinner (foto: Snopes.com)
fidget spinner (foto: Snopes.com)

Online24, Jakarta – Saat ini, fidget spinner menjadi salah satu mainan populer di kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Meski terlihat biasa saja, tapi mainan tersebut ternyata berbahaya untuk anak-anak.

Hal tersebut disampaikan World Against Toy Causing Harm (Watch). Lembaga nirlaba ini menyarankan agar orang tua berhati-hati dan tidak sembarangan memberikan fidget spinner pada anak-anak.

Watch bahkan memasukkan fidget spinner dalam laporannya sebagai salah satu daftar mainan berbahaya.

Dalam laporannya disebutkan, fidget spinner berisiko menimbulkan cedera terutama bila dalam kondisi terpecah-pecah menjadi bagian kecil. Apalahi, sudah muncul beberapa laporan kasus anak dilarikan ke rumah sakit karena tersedak bagian kecil dari fidget spinner.

“Baru-baru ini, perhatian serius atas keamanan fidget spinner semakin meningkat. Ada seorang gadis di Texas yang tersedak saat bermain fidget spinner dan perlu mendapatkan operasi untuk mengangkat bagian dari mainan tersebut dari esofagusnya,” tulis Watch yang dilansir detik.com, Jumat (23/6/2017).

Fidget spinner berawal dari sebuah alat yang diperuntukkan untuk orang dengan gangguan kecemasan. Namun, fidget spinner menjadi sebuah tren mendunia.

Selain fidget spinner mainan lain yang masuk ke dalam daftar berbahaya oleh Watch adalah hoverboard. Penggunaan baterai lithium pada hoverboard disebut mudah terbakar bila tidak berhati-hati.(*)