Takluk 1-2 di Kandang Persib, Posisi PSM di Klasemen Tidak Goyah

Reporter :
Editor : ifan Ahmad
Klasemen sementara Liga 1. (Liga1)
Klasemen sementara Liga 1. (Liga1)

Online24, Bandung – PSM gagal mencuri poin di kandang Persib usai ditaklukkan dengan skor tipis 1-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu (5/7/2017) malam. Tim Maung Bandung unggul lebih dulu lewat aksi Shohei Matsunaga (’40) serta Atep (’55) dan hanya mampu dibalas sekali oleh Wiljan Pluim (’72).

Meski kalah, tim Juku Eja besutan Robert Rene Alberts masih menduduki puncak klasemen dengan raihan 23 poin hingga pekan ke-12. Hasil tersebut menyusul kekalahan yang diterima Madura United dan Bhayangkara FC sehari sebelumnya.

Sementara bagi tim Maung Bandung, tambahan tiga poin membuat posisi mereka terdongkrak ke urutan 8 dengan 19 poin. Hasil ini juga membuat mereka tinggal berselisih 4 poin dari pemuncak klasemen.

Jalannya Pertandingan:

Kedua tim langsung menyajikan permainan terbuka sejak peluit kick off babak pertama ditiupkan wasit Agus Fauzan Arifin. Baik Persib maupun PSM langsung menampilkan permainan cepat untuk menciptakan gol.

Maung Bandung yang tampil dihadapan pendukungnya mengancam gawang PSM yang dikawal Syaiful dimenit ke-34. Percobaan Matsunaga di sisi kiri masih melenceng jauh dari sasaran.

Ancaman kembali ditebar Atep dkk. Umpan tendangan bebas yang dikirimkan Dedi Kusnandar dari sisi kiri kemudian disundul Essien di menit 28. Beruntung bola yang sudah di mulut gawang, mampu dibuang Hamka Hamzah.

Persib akhirnya berhasil menjebol gawang Syaiful saat laga memasuki menit ke-40. Tendangan setengah volli Shohei Matsunaga bersarang di gawang PSM usai memanfaatkan umpan silang Supardi Natsir.

Memasuki babak kedua, tim tuan rumah terus menyerang dengan mengandalkan kecepatan dua pemain sayapnya, Tantan dan Atep. Alhasil, Persib kembali menggandakan keunggulan menjadi 2-0 dimenit ke-55.

Gol tersebut diciptakan kapten Persib, Atep, setelah memaksimalkan umpan Essien di sisi kiri. Tanpa penjagaan, ia menggiring bola mendekati tiang gawang dan melepas sepakan keras yang tak mampu diantisipasi Syaiful.

Memasuki menit ke-64, PSM mencoba peruntungan melalui sepakan keras Wiljan Pluim. Namun sepakan gelandang asal Belanda ini masih melenceng tipis di samping gawang I Made Wirawan.

PSM akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat gol yang diciptakan Wiljan Pluim dimenit ke-72.

Berawal dari umpan yang berhasil dihalau pemain belakang Persib, bola pantul lalu disambar Pluim dengan tendangan kaki kanan. Bola yang meluncur deras ke sisi kanan tak mampu dihalau kiper I Made Wirawan.

PSM mendapat peluang emas untuk menyamakan kedudukan saat laga memasuki menit tambahan waktu 90+1. Menerima umpan Marc Anthony Klok, Ghozali melewati satu pemain lawan dan melepas sepakan kaki kanan. Namun bola masih melenceng tipis di atas mistar gawang.

Hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan ditiupkan wasit, skor 2-1 untuk keunggulan Persib tidak berubah.