Kodim 1424 dan Pemkab Sinjai Canangkan Program TNI Manunggal KB Kesehatan

Editor : Asri Muhammad

Online24, Sinjai – Pemerintah Kabupaten Sinjai mencanangkan program TNI Manunggal KB Kesehatan yang akan berlangsung hingga 30 September 2017 mendatang. Pencanangan program tersebut dihadiri oleh Bupati Sinjai H Sabirin Yahya, berlangsung di Makodim 1424 Sinjai, Rabu (12/7).

Pelaksanaan TNI Manunggal KB-Kesehatan tahun 2017 ini, mengambil tema ‘Melalui Kegiatan TNI Manunggal Keluarga Berencana Kesehatan Kita Wujudkan Keterpaduan Program dalam rangka meningkatkan kualitas keluarga sejahtera yang dilaksanakan bersama TNI dan pemerintah Kabupaten Sinjai Tahun 2017’.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sinjai, sampai pada bulan Mei 2017 telah dicapai peserta KB Baru sebanyak 1.306 Akseptor atau sekitar 31,26 persen dari target sebesar 4.178 akseptor. Sedangkan untuk pencapaian peserta KB aktif telah dicapai sebesar 26.832 akseptor atau 70,83 persen dari 37.883 pasangan usia subur.

Sabirin Yahya dalam sambutannya menyampaikan, bahwa upaya pemerintah dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk adalah melalui pelaksanaan program KB bagi Pasangan Usia Subur (PUS).

Berdasarkan undang-undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, pengendalian kuantitas penduduk dilakukan untuk mewujudkan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan sosial ekonomi dan budaya.

“Salah satu upaya pemerintah yang saat ini digalakkan adalah pemberian pelayanan KB yang berkualitas dengan diantaranya meningkatkan akses dan kualitas informasi, konseling dan pelayanan keluarga berencana,” jelasnya.

Sabirin mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh jajaran Kodim 1424 Sinjai ini dalam mewujudkan kepedulian terhadap masalah kependudukan dan Keluarga Berencana.

Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh akses pelayanan kontrasepsi secara gratis sehingga apa yang menjadi target kita di tahun 2017 ini dapat tercapai hingga 100 persen.

Sementara itu, Dandim 1424 Sinjai Letkol CZI Gunawan Susianto menambahkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat akan pentingnya peran serta aparat TNI dalam program KB Kesehatan yang diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menangani permasalahan kependudukan.