Amankan Demo HMI Cabang Gowa Raya di Kampus I UINAM, Polisi Sita Satu Buah Badik

Editor : Lucky
Massa HMI menggelar demonstrasi di depan kampus UIN Alauddin Makassar, Rabu (12/7/2017)
Massa HMI menggelar demonstrasi di depan kampus UIN Alauddin Makassar, Rabu (12/7/2017)

Online24, Makassar – Aparat kepolisian berhasil mengamankan beberapa orang yang diduga sebagai provokator, saat mengamankan aksi yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gowa Raya, di Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (12/7/2017).

Massa kemudian digiring ke Polrestabes Makassar untuk dimintai keterangan. Namun, satu diantaranya kedapatan membawa satu buah badik.

“Ada beberapa yang kita amankan karena diduga provokator, ada satu senjata tajam yang ikut kita amankan,” singkat Wakapolrestabes Makassar, AKBP Hotman Sirait, usai membubarkan unjuk rasa di depan kampus I UINAM.

Kedepannya, massa yang diamankan akan dimintai keterangan lebih lanjut di Polrestabes Makassar. Sementara, massa yang membawa sajam akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Diketahui, puluhan massa dari HMI Cabang Gowa Raya melakukan unjuk rasa terkait penolakan kedatangan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo ke Makassar. Hal tersebut ditengarai lantaran kinerja Jokowi yang dinilai tidak maksimal.

Sementara itu, kata Hotman, sebelum mengamankan beberapa massa, pihaknya terlebih dahulu melakukan negosiasi kepada massa untuk tidak melakukan aksi ditengah kedatangan Presiden Jokowi.

Namun, imbauan aparat pengaman tidak diindahkan demonstran, unjuk rasa bahkan terus berlanjut hingga terjadi adu jotos antara aparat kepolisian dengan massa.

Aksi tersebut baru berakhir setelah aparat kepolisian mengepung bahkan menyisir kampus I UINAM untuk mencari massa yang diduga masih ingin melakukan aksi. Beruntung, beberapa waktu berselang, massa memilih untuk bubar dan meninggalkan lokasi unjuk rasa.(*)