Kadinkes Sinjai Jadi Pembicara Dalam Kegiatan Evaluasi TELEMEDICINE di Jakarta

Reporter :
Editor : ifan Ahmad
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa menghadiri kegiatan pertemuan evaluasi TELEMEDICINE yang digelar digedung hotel puri denpasar Jl.Kuningan Jakarta selatan, Kamis (13/7/2107). (Humas Dinas Kesehatan Sinjai)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa menghadiri kegiatan pertemuan evaluasi TELEMEDICINE yang digelar digedung hotel puri denpasar Jl.Kuningan Jakarta selatan, Kamis (13/7/2107). (Humas Dinas Kesehatan Sinjai)

Online24, Sinjai – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa menghadiri kegiatan pertemuan evaluasi TELEMEDICINE yang digelar di Hotel Puri Denpasar, Jl. Kuningan, Jakarta selatan, Kamis (13/7/2107).

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Keshatan Sinjai menjadi pembicara memaparkan dan menyampaikan hasil kegiatan program terkait pemanfaatan TELEMEDICINE, yang dihadir Dirjen Pelayanan Kesehatan, staff Kementerian Kesehatan RI dan beberapa perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten/ kota se-Indonesia.

Andi Suryanto menjelaskan TELEMEDICINE adalah pendiagnosaan pasien dari jarak jauh dengan menggunakan metode teleconference dengan melibatkan dokter umum yang ada di puskesmas ke dokter spesialistik dilokus yang telah ditunjuk sebagai pengampuh oleh kementerian kesehatan.

“Di Sinjai sendiri sudah berjalan di lima puskesmas, dimana sebelumnya Dinkes Sinjai menjadi pilot project pertama yang telah dipercaya oleh Kementerian kKesehatan Republik Indonesia,” ungkap dr. Dedeth panggilan akrab Kadis Kesehatan ini saat dihubungi melalui WhatsApp.

Menurutnya, apresiasi sangat membanggakan karena tidak menyangka hasil yang telah dilaksanakan melampaui perkiraan dan membuktikan bahwa dokter umum di puskesmas juga mampu membaca dan mendiagnosa pasien melalui EKG dan USG, diharapankan supaya bisa dikembangkan ke semua puskesmas melalui pemerintah daerah, sehingga masyarakat tidak harus lagi ke rumah sakit, kecuali memang ada indikasi rujukan yang artinya memudahkan masyarakat dan tidak perlu membuang waktu dan biaya untuk pergi ke Rumah Sakit.

Sementara itu Staff Yanprimer sekaligus Humas Dinkes Sinjai, Syamsul Ahmad membenarkan bahwa saat ini Kepala Dinas Kesehatan sedang berada di Jakarta dan didampingi oleh SDM tiga orang dokter umum dari perwakilan puskesmas.

”Dengan adanya Telemedicine khususnya di Lima Puskesmas disinjai tentulah akan sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” ungkap Syamsul.