Bentuk TRC, Dinkes Enrekang Siap Atasi Bencana dan Kecelakaan

Reporter :
Editor : ifan Ahmad
Tim Reaksi Cepat Dinkes Enrekang
Tim Reaksi Cepat Dinkes Enrekang

Online24, Enrekang – Untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan Pemkab Enrekang membentuk Tim Reaksi Cepat ( TRC) satu kegiatan yang siap melakukan pelayanan kesehatan bila terjadi bencana alam, non alam dan wabah penyakit.

TRC krisis kesehatan dibentuk berkaitan dengan dengan proyek perubahan sebagai peserta Diklatpim 3 Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang, Sutrisno.

Kepala Dinas Kesehatan Enrekang dr. Marwan Ganoko mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini. Bahkan Kadiskes berharap kegiatan ini dapat bersinergi dengan Instansi terkait.

“Saya berharap Tim Reaksi Cepat krisis kesehatan ini dapat bersinergi dengan puskesmas, rumah sakit dan Badan Bencana Daerah serta Dinas Sosial bahkan seluruh stakeholder terkait lainnya,” kata Marwan.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Enrekang, Sutrisno, mengatakan fungsi TRC adalah melakukan pelayanan cepat pada saat terjadi bencana alam, non alam , dan wabah penyakit khusus di Sektor kesehatan.

“Kita akan Sharing dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas terkait lainnya,” tutur Sutrisno

Kedepan, TRC ini tidak saja berada dan berkantor di Dinas Kesehatan, tetapi juga berada di 12 Kecamatan di Enrekang sehingga jika terjadi bencana ringan ataupun wabah penyakit yang masih bisa ditangani di Puskesmas maka kasus tersebut tidak perlu ditangani TRC Kabupaten.