Mengenal Gorengan ‘Pottelek’ di Sabutung

Editor : ifan Ahmad
Gorengan 'pottelek'
Gorengan 'pottelek'

Online24, Makassar – Ada yang unik dari makanan kuliner yang satu ini, yakni jajanan berupa gorengan yang diberi nama ‘Pottelek’. Begitulah namanya sehingga banyak pengunjung yang penasaran.

Dapat ditemui hampir disepanjang Jalan Sabutung Baru, Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, menjual jajanan kuliner yang harganya hanya Rp 1.000 kita bisa dapatkan hingga 20 biji.

Menurut Rahman (35) yang merupakan salah seorang warga yang juga menjual jajanan gorengan ‘Pottelek’ mengatakan, nama ‘Pottelek’ diambil karena ia menjual jajanannya dimulai sore hari hingga menembus pagi dengan harga yang sangat murah.

“Pottelek itu merupakan bahasa gaul yang biasa digunakan para waria yang artinya pelacur jalanan. Kemudian pembeli sendiri menyebutnya dengan sebutan gorengan pottelek karena harganya yang murah dan dijual hingga pagi hari,” ungkap Rahman disela kesibukannya menjajakan jajanan potteleknya, Sabtu (15/7/2017).

Ia melanjutkan, “yah sama lazimnya dengan pelacur jalanan dapat dinikmati dengan harga murah dan menjajakan dirinya dari malam hingga pagi hari sampai begadang,” sambungnya.

Katanya jualan gorengan Pottelek sudah berlangsung sekitar 16 tahun. Pembelinya pun tak hanya dari warga setempat namun juga ada yang datang dari luar kota Makassar hanya untuk membeli gorengan pottelek.

“Rata-rata pedagang gorengan pottelek disini setiap harinya menghabiskan terigu sebanyak 4 karung dimana tiap karung itu isinya 25 kg, itu pun kurang karena pembeli sangat banyak makanya kami hanya batasi sampai pagi pukul 05.00 Wita saja karena sorenya lagi kita harus mulai jualan. Yah pagi waktu belanja bahan dan siang itu waktu istirahat,” lugasnya.

Namun jika ingin menikmati jajanan gorengan Pottelek dengan harga terjangkau tersebut, sebaiknya datang di sore hari sekitar pukul 16.00 wita karena aktifitas menggoreng baru dimulai dan akan ditutup pagi hari sekitar pukul 05.00 Wita.