Percepatan Cakupan Akta Kelahiran Anak, Luwu Timur Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Editor : Asri Muhammad

Online24, Riau – Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler, menerima penghargaan sebagai daerah yang melakukan percepatan cakupan pemberian akta kelahiran anak oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yembise.

Penghargaan tersebut di diserahkan pada malam puncak penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2017, yang berlangsung di Ballroom Hotel Swiss-Bell Kota Pekanbaru Riau, Sabtu (22/07/2017) malam.

Dalam acara panganugerahan tersebut, Bupati didampingi istri Puspawati Husler, yang juga Ketua PKK Luwu Timur, Plt Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sukarti, dan Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Syawalong.

“Prestasi ini, hasil dari upaya dan komitmen bersama antara pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan semua pihak sebagai wujud komitmen kita bersama menuju Kabupaten Luwu Timur layak anak,” kata Husler usai menerima penhargaan.

Ia berharap agar prestasi tersebut semakin memotivasi semua elemen terkait untuk mewujudkan Kabupaten Luwu Timur layak anak di masa mendatang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yembise mengharapkan terwujud Kabupaten/Kota layak anak. Pasalnya kata Yohama hingga saat ini, semua daerah yang diganjar penghargaan baru dalam tahap menuju Kabupaten/Kota layak anak.

“Menjadi Kabupaten/Kota layak anak, harus dengan komitmen yang kuat dan kerjasama seluruh pihak baik pemerintah, DPRD, media massa, dunia usaha dan anak,” kata Yohama.

Penganugerahan KLA ini, lanjut Yohama menjadi istimewa di tengah keinginan mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak melalui kab/kota yang layak anak. Selain itu, pemberian penghargaan ini mengacu kepada 24 indikator yang terurai dari 135 variabel yang ditetapkan Kemen PPPA guna melihat kemajuan yang telah dicapai.

‚ÄúPenilaian ini melibatkan tim independen seperti pakar di bidang anak serta perguruan tinggi, olehnya itu, Gubernur, Bupati/ Walikota patut berbangga,” tutupnya.