Unhas Siap Akreditasi Internasional AUN QA Tahap II

Editor : Lucky

Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu
Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu

Online24, Makassar – Universitas Hasanuddin (Unhas) terus mempersiapkan akreditasi internasional ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA), Selasa (25/7/2017).

Tim asesor dari Sekretariat AUN-QA telah dijadwalkan akan melakukan visitasi terhadap tiga program studi, yaitu Program Studi Ilmu Kelautan (Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan), Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), dan Program Studi Teknik Geologi (Fakultas Teknik).

Dalam arahan yang diberikan Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras dan kerja sama yang telah ditunjukkan oleh task force, baik di tingkat universitas maupun program studi, serta apresiasi terhadap dukungan dekan-dekan.

“Akreditasi internasional bukan merupakan tujuan akhir. Ini hanyalah proses bagi kita untuk meningkatkan standar kualitas proses pembelajaran,” ucap Dwia Aries Tina.

Tim Asesor berasal dari 5 negara, yaitu Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia, dan Vietnam. Mereka akan berkunjung untuk melihat langsung proses akademik pada Selasa-Kamis (8-10 Agustus 2017) mendatang.

Akreditasi AUN-QA relatif berbeda dengan akreditasi BAN-PT maupun LAM PT-KES. Penilaian AUN-QA sangat bergantung pada hasil visitasi, dimana pada saat kunjungan itu asesor akan mengamati langsung untuk memeriksa proses akademik yang didesain dalam siklus Plan-Do-Check-Action (PDCA).

Demikian dilaporkan oleh Dr. Budi Prastawa, salah seorang anggota satuan tugas (task force) Akreditas Internasional Unhas, dalam Rapat Koordinasi persiapan visitasi AUN-QA di Ruang Rapat A, Lantai 4, Gedung Rektorat Unhas (Selasa, 25 Juli 2017, pukul 10.00 Wita).

Rapat ini juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Junaedi Muhidong (selaku Koordinator Task Force tingkat Universitas), Wakil Rektor Bidang Inovasi dan Kerjasama Prof dr Budu PhD, Sekretaris Universitas Dr Nasaruddin Salam, para dekan dari prodi yang diakreditasi, Kepala Biro, dan Task Force Fakultas, dan Program Studi.

Seperti diketahui pada bulan Desember tahun 2016 lalu, Unhas berhasil meloloskan 3 program studi menurut standar AUN-QA, yaitu Prodi Pendidikan Dokter, Prodi Teknik Sipil, dan Prodi Kesehatan Masyarakat.

“Akreditasi nanti akan dilangsungkan pada bulan Agustus nanti yang merupakan akreditasi AUN-QA Batch-2, dan diikuti pada bulan Januari 2018 nanti, karena kita telah mengusulkan 3 prodi lagi untuk diakreditasi AUN-QA Batch-3, Prodi Ilmu Hukum, Prodi Kehutanan, dan Prodi Ilmu Kimia,” jelas Prof Dwia Aries Tina.(*/Ade)