Dua Puskesmas di Sinjai Tunggu Hasil Penilaian Tim Surveyor Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI

Reporter :
Editor : Asri Muhammad
Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa saat menyambut kunjungan penilaian dari Tim Surveyor Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI.
Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa saat menyambut kunjungan penilaian dari Tim Surveyor Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI.

Online24, Sinjai – Dua puskesmas di Kabupaten Sinjai, yakni Puskesmas Samaenre dan Puskesmas Panaikan, dijadwalkan menjalani penilaian dari Tim Surveyor Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI selama tiga hari yaitu 26-29 Juli 2017.

Adapun Tim Surveyor yang melakukan penilaian di Puskesmas Samaenre sebanyak 3 orang yakni, drg. Nurnaini Irias Tuti, M.Kes, dr. Lita Tarumasely dan dr. Bagus sukaswara W.

“Hari ini tim surveyor komisi akreditasi FKTP Kemenkes RI melakukan penilaian di puskesmas kami. Tim tersebut juga melakukan penilaian di puskemas panaikang,” ungkap dr. A. Wahyu Adeliah Dachlan Kepala Puskesmas Samaenre, Rabu (26/7/2017).

Wahyu mengatakan, meskipun masih banyak terdapat kekurangan dalam penilaian ini, namun hal tersebut tidak menghalangi niat kami melaksanakan akreditasi.

Sementara itu, dr. Lita Tarumasely selaku ketua tim mengatakan, tujuannya datang ke Puskesmas Samaenre untuk menilai sejauh mana puskesmas mampu menyelenggarakan pelayanan yang sesuai dengan persyaratan peraturan perundangan yang berlaku untuk pelayanan, dan juga menilai upaya perbaikan berkesinambungan yang dilakukan oleh puskesmas dalam penyelenggaraan pelayanan.

“Adapun yang menjadi penilaian yakni kesesuaian penyelenggaraan Administrasi Manajemen (Admen), penyelenggaraan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan juga Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) di Puskesmas dengan persyaratan yang ada pada standar akreditasi,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr A Suryanto Asapa, mengutarakan harapannya bahwa penilaan ini tidak cukup kalau hanya berstatus lulus saja, namun bagaimana kedepannya kita memberikan pelayanan kepada masyarakat yang jauh lebih bermutu dan berkualitas.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai Irwan Syaib menambahkan, sementara ini jumlah puskesmas di Kabupaten Sinjai yang sudah terakreditasi yakni 4 Puskesmas, 2 Puskesmas menunggu hasil, dan pihaknya menargetkan tahun ini sebanyak 10 Puskesmas yang terakreditasi dan tahun 2018 sebanyak 6 Puskesmas, sehingga tahun 2018 semua Puskesmas di Sinjai sudah terakreditasi.