Temu Usaha Kemitraan, Cara Pemkab Lutim Bangkitkan UKM

Editor : Asri Muhammad
Bangkitkan UKM di Luwu Timur Lewat Temu Usaha Kemitraan.
Bangkitkan UKM di Luwu Timur Lewat Temu Usaha Kemitraan.

Online24, Luwu Timur – Untuk mendorong pengembangkan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Luwu Timur, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu melakukan temu usaha kemitraan bagi para pelaku UKM yang dipusatkan di Aula Sasana Praja Kantor Bupati, Kamis (27/07/2017).

Temu usaha kemitraan UKM yang mengangkat tema fasilitasi pemasaran dan penguatan modal terhadap upaya pengembangan UKM ini, juga melibatkan Managemen PT Vale Indonesia, Bank BRI KCP Batara Guru Malili, PT. Indomarco Prismatama, para SKPD dan puluhan pelaku UKM.

Kepala Bidang Penanaman Modal, Wahid Sangka mengatakan temu usaha kemitraan ini merupakan bagian dari salah satu tugas dibidang penanaman modal yakni mendorong terbentuknya kerjasama kemitraan.

“Melalui pertemuan ini, kami ingin maksimalkan tugas bidang penanaman modal untuk membina para pelaku UKM melalui kerjasama kemitraan dengan tujuan mendorong semakin berkembangnya UKM di Luwu Timur,” katanya.

Staf Ahli Pembangunan Lutim Zakaria mengatakan, peran UKM selama ini telah terbukti dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Makanya, pemerintah Kabupaten Luwu Timur terus berupaya menumbuhkan sektor Rill terutama sektor UKM agar produknya mampu bersaing di era yang semakin maju saat ini.

“Produk kripik pisang dan produk UKM lainnya memang perlu terus digiatkan. Pembukaan UKM Mart di Desa Tampinna Kecamatan Angkona yang dilakukan Bupati beberapa waktu lalu menjadi titik yang sangat baik untuk menggeliatkan sektor UKM,” tambahnya.

Melalui temu usaha kemitraan ini, Zakaria berharap agar ada hasil maupun rumusan yang kongkret terkait upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk mengembangkan sektor UKM, baik dari sisi permodalan, maupun pasar produk UKM.

“Pemerintah tentu tidak bisa bekerja sendiri, dibutuhkan partisipasi dan dukungan seluruh stake holder untuk mengembangkan sektor UKM,” tutupnya.