Dinkes Enrekang Temukan 10 Penderita Penyakit Demam Berdarah

Editor : Endhy

Online24, Enrekang – Mengantisipasi bertambahnya penderita DBD ( Demam Berdarah Dengue), Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang membentuk Tim Fogging. Tim fogging tersebut sudah mulai bergerak mendatangi beberapa tempat seperti Mandalan, Cakke, Buntu Batu, Baraka dan Kota Enrekang.

Menurut Kadis Kesehatan Enrekang, Dr. Marwan Ganoko, fogging dilakukan karena sudah ada 10 penderita DBD ditemukan.

Dengan adanya 10 penderita DBD, Kadis Kesehatan menghimbau agar masyarakat waspada dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar dengan melakukan bersih-bersih lingkungan, gotong royong seperti jumat bersih agar tidak ada kesempatan jentik nyamuk untuk berkembang biak dengan melakukan usaha 3M Plus.

“Fogging hanya salah satu usaha pencegahan terjangkitnya penyebaran DBD tapi lebih bagus memutus mata rantai perkembangan nyamuk penyebar DBD misalnya drainase sekitar rumah penduduk tidak tersumbat, kaleng-kaleng, pas bunga, ban bekas ditanam agar tidak ada genangan air sebagai tempat nyamuk berkembang biak, bak mandi rutin dilakukan pengurasan,” kata Dr. Marwan.

“Jangan biarkan dalam kamar bergelantungan baju – baju, setelah dipakai menumpuk pakaian sebab tempat berlindung dan berkembang biak nyamuk,” pungkasnya.

Marwan juga menghimbau jika ada panas yang kita tidak tahu penyebabnya segera ke sarana kesehatan terdekat seperti praktek dokter atau tenaga kesehatan, puskesmas atau rumah sakit.

“Demam berdarah ini erat kaitannya PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan kesehatan lingkungan,” tutupnya.