Dihadapan Wapres, SYL Sebut Sulsel Siap Jadi Ibu Kota Negara

Editor : Andhika BD

Online24, Makassar – Di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyatakan Provinsi Sulawesi Selatan, siap menjadi ibu kota negara.

Menurutnya, ada beberapa alasan sehingga daerah ini sangat ideal menjadi ibukota negara.

Selain didukung infrastruktur yang memadai, letaknya juga sangat strategis karena berada di tengah-tengah Indonesia.

“Kami siap menjadi ibu kota negara, kalau Kalimantan masih dicari-cari, kalau kita (Sulsel) semua sudah tersedia dan siap,” kata SYL yang disambut tepuk tangan ribuan hadirin yang menghadiri Milad ke-54 Universtas Muhammadiyah Makassar, Jumat (28/7) yang dihadiri langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla, dikutip dari situs Humas Sulsel.

Dia menambahkan, apa yang dicari di kalimantan, di Sulawesi Selatan ada semua. Dari segi sarana dan prasarana, Syahrul mengungkapkan infrasfruktur di Sulsel cukup kuat. Mulai jalan, bandar udara, pelabuhan dan saat ini sementara dirintis kereta api trans Sulawesi.

Menanggapi usulan gubernur, Wapres Jusuf Kalla mengatakan boleh saja. Meski saat ini wacana pemindahan ibu kota masih dalam kajian, namun menurutnya setiap daerah layak untuk mengajukan diri.

Menurutnya, sekarang sudah ada tiga provinsi yang mengajukan diri. Ditambah Sulsel, berarti sudah empat.

“Boleh saja, walaupun pemindahan itu baru dikaji,” ungkapnya.

Seperti diketahui saat ini ada tiga provinsi yang menjadi nominasi dan dalam kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Daerah itu ada di Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Timur (Kaltim), dan Kalimantan Selatan (Kalsel).