Mahasiswa Unismuh Beri Pendidikan Anti Korupsi ke Siswa MAN 2 Model Makassar

Reporter :
Editor : ifan Ahmad
Penyuluhan anti korupsi  di MAN 2 Model Makassar, Sabtu(29/7/2017).
Penyuluhan anti korupsi di MAN 2 Model Makassar, Sabtu(29/7/2017).

Online24, Makassar – Sebanyak 57 mahasiswa Jurusan ilmu politik pemerintahan fisip Unismuh bekerja sama dengan organisasi Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Sulsel memberikan penyuluhan anti korupsi di MAN 2 Model Makassar, Sabtu(29/7/2017).

Kegiatan yang diikuti sebanyak 35 orang siswa ini dikemas dengan tema “pendidikan anti korupsi sejak dini”.

Salah seorang mahasiswa bernama Akmal, mengatakan kegiatan ini digelar agar sejak dini  jadi tahu, perbuatan apa saja yang masuk dalam kategori korupsi.

“Selama ini kita tidak tau bahwa beberapa perilaku kita itu adalah perilaku korupsi. Misalnya telat masuk kelas, menitip absen ke teman, memberi uang ke oknum polisi ketika ditilang di jalan. Jadi dengan adanya kegiatan ini, kita berharap agar siswa tau bahwa korupsi itu tidak boleh dilakukan meskipun itu dalam skala kecil,” tutur Akmal.

Farid, seorang pelajar MAN 2 Model, mengatakan bahwa “kita sadar korupsi itu merusak dan melanggar hukum. Tetapi kita juga harus memikirkan strategi bagaimana mencegah korupsi terjadi. Saya pikir sikap anti korupsi mesti dibangun dari dalam diri kita sendiri, sebelum kita membenahi hal yg lebih besar.”

Wiwin Suwandi, selaku dosen pembina mata kuliah mengatakan bahwa penyuluhan ini penting dilakukan untuk membentuk pemikiran dan sikap anti korupsi sejak dini.

“Karena mahasiswa dan pelajar ini merupakan bagian dari generasi anti korupsi kedepannya,” pungkas Wiwin.

Kegiatan tersebut juga mendapat apresiasi dari Ketua Jurusan Ilmu Politik Pemerintahan Fisip Unismuh, Andi Luhur Prianto, yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.