Tari Awo Karya SMP Negeri 1 Sidrap Akan Wakili Susel Tingkat Nasional

Reporter :
Editor : Lucky

Siswa SMPN 1 Pangsid Sidrap menampilkan tarian Awo
Siswa SMPN 1 Pangsid Sidrap menampilkan tarian Awo

Online24, Sidrap – Pemerintah Kabupaten Sidrap menggelar upacara peringatan Hari Anak Nasional tahun 2017 Tingkat Kabupaten di lapangan upacara SKPD, kompleks kantor SKPD Kabupaten Sidrap, Senin (31/7/2017).

Upacara ini diwarnai dengan persembahan tari Awo (Tari Bambu) yang dibawakab 5 orang penari dari SMP Negeri 1 Pangsid. Penampilan ini disambut tepuk tangan peserta upacara.

Apalagi, tarian mereka membawa kebanggaan bagi Kabupaten Sidrap dimana Tari Awo akan mewakili Provinsi Sulawesi Selatan dalam lomba Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional ( FLS2N) tingkat Nasional.

“Tari Awo ini menceritakan manfaat bambu dimana dari mulai tumbuh hingga tua memiliki banyak bagi umat manusia. Pada lomba FLS2N di provinsi kami menjadi juara satu dan insya Allah akan ikut lomba tingkat Nasional,” ujar Amanda Muliatul Ningrat, siswi kelas 8 SMP Negeri 1 Pangsid yang juga salah seorang penari Awo.

Sementara itu, Andi Reza, penari Awo lainnya, mengaku jika untuk belajar tari Awo, ia bersama teman-temannya membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan lebih. Dalam tarian itu, kata Reza, terdapat kurang lebih 32 gerakan.

“Tarian ini merupakan ciptaan guru kami Pak Hendra Setiawan bersama istrinya. Alhamdulillah kami juara,” katanya.

“Sekarang, kami mulai melakukan persiapan lomba FLS2N tingkat Nasional disurbaya yang rencana dilaksanakan bulan September mendatang,” tandasnya.(*)