Gara-Gara ‘Awan’, Microsoft Untung Besar

Editor : Endhy
microsoft.com
microsoft.com

Online24 – Kalian mungkin mengenal Microsoft sebagai pembuat sistem operasi PC atau laptop terpopuler di dunia. Anggapan itu tak salah. Namun, kalian sudah tahu belum kalau ternyata pemasukan Microsoft yang terbesar belakangan bukan dari penjualan Windows?

Jangankan naik, pada kuartal kedua 2017 kemarin, pemasukan Microsoft dari segmen More Personal Computing yang meliputi Windows, bisnis game, dan ponsel, malah turun 2 persen dibandingkan tahun lalu. Kini, ketiga produk itu cuma menghasilkan revenue sebesar 8,8 miliar USD (sekitar Rp 117 triliun).

Lalu, apa sumber pemasukan yang menguntungkan perusahaan yang didirikan Bill Gates dan Paul Allen itu?

Dari laporan keuangan Microsoft pada kuartal II 2017, pertumbuhan bisnis Intelligent Cloud sangat positif. Segmen yang mencakup Azure itu naik 11 persen ketimbang periode yang sama pada 2016. Azure merupakan teknologi yang memungkinkan kita membangun sebuah aplikasi semacam web applicationcloud service, serta aplikasi-aplikasi lain yang berjalan di atas virtual machine melalui cloud. Pendapatan segmen ini sendiri mencapai 7,4 miliar USD (setara Rp 98,7 triliun).

Selain cloud, sektor lain yang pemasukannya tinggi adalah Productivity and Business Process. Trisula bisnis tertajam Microsoft ini tumbuh dengan sangat apik, yakni 21 persen atau menghasilkan pendapatan 8 miliar USD (sekitar Rp 106 triliun). Sektor ini meliputi layanan Office 365 dan media sosial yang tahun lalu mereka akuisisi, LinkedIn.

Sumber : idntimes.com