Phil Jones Disanksi Setelah Ejek Petugas Doping

Editor : Endhy

Online24 – Phil Jones mendapat sanksi dua pertandingan Eropa dari UEFA gara-gara mengejek petugas doping setelah Manchester United menang atas Ajax Amsterdam di final Liga Europa pada Mei lalu.

Jones diketahui melakukan kekerasan verbal kepada petugas doping setelah ia diminta melakukan tes doping pascalaga, sementara rekan setimnya berfoto dengan spanduk dukungan kepada kota Manchester di ruang ganti. Laga final itu dimainkan setelah bom menewaskan 22 orang di Manchester Arena di akhir konser Ariana Grande.

Untuk itu, Jones dipastikan absen di laga Piala Super Uefa kontra Real Madrid di Skopje pada 8 Agustus, juga pertandingan pertama United di Liga Champions musim ini, plus denda €5.000.

Tak hanya itu, Daley Blind juga disuspensi dan denda €5.000 setelah pemain yang berposisi sebagai bek tersebut gagal memberikan laporan langsung ke stasiun kendali doping setelah kemenangan 2-0 yang terjadi di Stockholm itu.

Manchester United pun tak luput dari hukuman. Skuat Jose Mourinho mendapat denda €10.000 karena melanggar Regulasi Anti-Doping, yang menyataan “Tim bertanggung jawab untuk memastikan pemain menjalani tes doping, diambil oleh masing-masing perwakilan tim ke stasiun kendali doping langsung dari lapangan sesaat setelah pertandingan usai. Hal ini berlaku bahkan ketika pendamping ditunjuk oleh UEFA.”

Klub dan kedua pemain tersebut memiliki waktu tiga hari untuk mengajukan banding.

“Philip Jones dihukum karena menghina dan melakukan kekerasan verbal langsung kepada petugas kendali doping (Artikel 15 (1) dari Regulasi Disipliner UEFA), juga karena sikap tidak respek terhadap prosedur kendali doping (Artikel 6.05 ADR),” demikian pernyataan resmi Badan Sepakbola Eropa itu.

Sumber : goal.com