Atlet PPLP Sulsel Jalani Tes Kesehatan dan Mental Training

Reporter :
Editor : Lucky

Atlet PPLP Sulsel menjalani tes kesehatan
Atlet PPLP Sulsel menjalani tes kesehatan

Online24, Makassar – Atlet Pendidikan Pelatihan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Provinsi Sulawesi Selatan menjalani tes analisa kesehatan dan mental training. Tes ini diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia melalui Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan Olahraga Nasional (PPITKON).

Tes dan analisa kesehatan yang berlangsung di Hall PPLP Sulsel, Selasa (1/8/2017), dibuka oleh Kabid Pembudayaan Olahraga, Hery Sumiharto, mewakili Kadispora Sulsel. Sementara tim dari PPITKON dipimpin langsung oleh Kabid Antropometri dan Kapasistas Fisik PPITKON, Waluyono, beserta 5 orang tim kesehatan dan psikologi.

Waluyo dalam sambutannya mengatakan, kegiatan PPITKON ini merupakan program tahunan yang rutin dilakukan untuk melakukan pengujian dan analisa kesehatan dan mental training atlet PPLP seluruh Indonesia di tahun 2017. Khusus tahun ini awal kegiatan dilakukan di Indonesia Timur dan Sulsel merupakan daerah kelima yang dikunjungi PPITKON.

“Minggu lalu awal kegiatan kami di Gorontalo, lalu Mamuju, Ternate, Manado, dan yang kelima terakhir disini di Makassar,” jelas Waluyo.

Waluyo menjelaskan, timnya akan melakukan pengukuran antropometri, kapasitas fisik, kebugaran jasmani dan mental training atlet. Hasil tes tersebut diserahkan kepada Dispora Sulsel sebagai institusi pembina atlet PPLP dalam bentuk rekomendasi.

“Hasil tes dan analisa yang dilakukan Tim PPITKON terhadap kondisi atlet PPLP Sulsel akan diserahkan kembali ke pihak institusi pembina dalam hal ini Dispora Sulsel untuk dijadikan bahan evaluasi pembinaan PPLP Sulsel ke depan,” jelas Waluyo.

Sementara itu, Heri Sumiharto berharap ada hasil positif dari kegiatan ini. Terutama sebagai bahan monitoring dan evaluasi persiapan atlet dan pelatih jelang Popnas Semarang nanti.

“Kami terus mematangkan persiapan menuju Popnas Semarang akan datang. Hasil pengujian ini bisa kami jadikan bahan evaluasi atlet dan pelatih PPLP Sulsel ke depan,” harap Hery Sumiharto.(*)