MIM Lautang Salo Sidrap Masuk Penilaian Tim Akreditasi Provinsi

Reporter :
Editor : Asri Muhammad
Suasana Penilaian Akreditasi Provinsi di Sekolah MIM Lautang Salo, Kecamatan Panca Rijang, Kabupaten Sidrap. (Foto : Sekolah MIM Lautang Salo)
Suasana Penilaian Akreditasi Provinsi di Sekolah MIM Lautang Salo, Kecamatan Panca Rijang, Kabupaten Sidrap. (Foto : Sekolah MIM Lautang Salo)

Online24, Sidrap – Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap, masuk dalam Penilaian Akreditasi Tingkat Provinsi.

Sekolah MIM masuk dalam Penilaian Akreditasi berdasarkan visitasi yang dilakukan oleh tim Badan Akreditasi Provinsi.

Kegiatan visitasi ini dilakukan melalui observasi lapangan, dokumen dan wawancara dengan pihak madrasah, dalam rangka validasi terhadap data dan informasi yang diberikan oleh pihak madrasah melalui instrument akreditasi.

Akreditasi Sekolah Madrasah ini, merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan yang hasilnya, diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peningkatan kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yg mandiri dan profesional.

Pengawas Pendais Wilayah Timur Hj Kasmawati, Rabu (2/8/2017), menjelaskan dalam proses akreditasi Sekolah Madrasah ini, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan,

Dokumen tersebut adalah meliputi 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) yaitu bukti fisik akreditasi 8 SNP terdiri dari standar Isi, Standar Proses, Kompetensi lulusan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Selain ada juga standar sarana dan prasarana, pengelolaan, penilaian dan dokumen pendukung lainnya.

“Dan yang menjadi pendukung kesuksesan dalam visitasi ini adalah adanya kerjasama seluruh unsur yang ada, Keterlibatan semua guru sangat nampak dalam proses visitasi ini sehingga proses Akreditasi berjalan lancar,” ungkapnya.

Setiap standar dapat dibuktikan suksesnya untuk madrasah, dan inilah pembuktian bahwa madrasah selalu bisa dan mampu bersaing kedepan kearah yang lebih positif.

Kasmawati menambahkan, bahwa Akreditasi ini bertujuan untuk menilai kelayakan program atau Satuan Pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap terencana dan terukur sesuai UU no 20 thn 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Sekolah Madrasah akan bermutu jika terdapat pengakuan dan penilaian dari pihak yg berwenang yang disebut Akreditasi Sekolah Madrasah, Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN-/S/M),” pungkasnya.