Dinas Perdagangan Takalar Duga Ada Mafia Dibalik Menjamurnya Alfamart

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Alfamart Takalar
Alfamart Takalar

Online24, Takalar – Menjamurnya sejumlah minimarket Alfa mart di Kabupaten Takalar yang tak mengantongi izin resmi, membuat Dinas Perdagangan yang merupakan salah instansi yang terlibat mengeluarkan izin prinsip usaha menduga kuat ada mafia yang berdiri di belakang sehingga Alfamart tetap melakukan aktifitas.

“Kami sepertinya tidak dihargai oleh pada pengusaha Alfamart, mereka seenaknya beroperasi meski izin tidak dikantongi, kami menduga kuat ada mafia perizinan di balik semua ini, sehingga mereka leluasa beroperasi,” kata Kepala Bidang Perdagangan, Abidin Beta, Rabu  (2/8/2017).

Ia mengatakan upaya tutup paksa pada 7 Alfamart yang beroperasi di Takalar tidak bisa dilakukan oleh pihaknya, karena menurutnya ada tim 17 yang harus bersama sama bergerak melakukan pelarangan.

“Dinas Perdagangan hanyalah salah satu instansi yang merekomendasi keluarnya izin prinsip perizinan usaha, beberapa dinas seperti dinas kebersihan lingkungan hidup, dinas PU melalui bidang tata ruang dan kantor Sintap juga adalah dinas yang berkompoten mengeluarkan izin usaha dan izin gangguan,” urainya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Takalar, Achmad Rifai, saat dimintai tanggapannya mengatakan bahwa pihaknya telah mengidentifikasi sejumlah minimarket berlabel Alfa mart yang tak mengantongi izin.

“Pengusaha yang tidak mau ikut aturan atau tidak mau mengurus izin usaha sudah tidak bisa lagi ditoleransi, aktifitas mereka harus dihentikan, hanya saja penutupan usaha harus kerjasama dengan instansi terkait lainnya,” tandas mantan Camat Galesong Utara ini.