Bagi Anda Perokok, Ini Makanan Pembersih Paru-paru

Editor : Endhy
Jagalah Kesehatan Paru-paru Anda/beastudiindonesia.net
Jagalah Kesehatan Paru-paru Anda/beastudiindonesia.net

Online24 – Bagi kamu yang punya kebiasaan merokok, butuh waktu yang relatif gak singkat untuk berhenti. Harus perlahan dan tidak bisa langsung.

Sambil mengurangi rokok, kamu bisa mengkonsumsi 9 makanan dan minuman berikut supaya membantu perawatan paru-paru. Wajib banget kamu perhatikan agar kinerja paru-parumu tetap baik dan sehat. Check it out!

1. Jahe
Jahe sering menjadi bahan dasar sehari-hari makanan yang kita konsumsi selama ini. Kandungan zat antiseptik serta antibakteri pada jahe dapat melancarkan saluran bronkial pada paru paru, sehingga lebih mudah menghilangkan radikal bebas yang menempel di paru-paru kita.

Rongga pernapasan terasa lebih lega saat mengkonsumsi jahe. Biasanya, jahe dimasukkan sebagai bahan dasar masakan atau diminum dengan air hangat. Namun, lebih baik jika disantap langsung dengan cara mengunyahnya.

2. Jeruk Bali
Jeruk bali kaya antioksidan, sehingga dapat membantu tubuh melawan sel kanker dan membersihkan paru-paru. Jeruk bali mengandung vitamin C yang mampu menghambat kinerja enzim tubuh yang mengaktifkan sel kanker pada paru-paru.

3. Makanan yang mengandung zat selenium, keju misalnya
Zat selenium adalah mineral yang mampu merangsang enzim bersama vitamin E untuk memperkuat organ paru-paru. Jika kandungan selenium banyak, artinya kandungan sel kanker akan perlahan menurun. Makanan yang mengandung zat selenium adalah telur, keju, jamur, gandum, daging sapi, ikan tuna, ikan salmon, kepiting, dan kedelai.

4. Yogurt
Yogurt terbuat dari dua jenis bakteri menguntungkan yakni Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yogurt dapat menghasilkan zat-zat yang diperlukan hati, sehingga berguna mencegah penyakit kanker dan paru-paru.

5. Delima
Ekstrak buah delima dapat membantu membersihkan paru-paru. Buah delima berguna meningkatkan suplai darah dan menghilangkan zat beracun dari paru-paru.

Buah delima mengandung tingkat antioksidan yang paling tinggi dibanding buah anggur dan teh hijau. Tak hanya itu, buah delima juga membantu membersihkan sel-sel kanker dalam tubuh.

6. Kunyit
Salah satu rempah asal Indonesia adalah kunyit. Rempah yang mirip jahe mampu meringankan peradangan pada paru-paru. Kunyit mengandung zat curcumin yang berfungsi untuk menghilangkan zat penyebab kanker paru-paru.

7. Buah Berry
Jenis buah blueberry, raspberry atau blackberry dapat kamu konsumsi untuk membantu perawatan paru-paru. Zat flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam berry bisa menghilangkan karsinogen dari paru-paru.

8. Bawang Putih
Bahan dasar masakan yang paling sering digunakan ini ternyata berperan penting dalam perawatan paru-paru. Senyawa allicin dalam bawang putih dapat membunuh bakteri yang memicu infeksi paru-paru. Konon, bawang putih memiliki spektrum luas zat antimikroba dari antibakteri, anti-jamur, anti parasit, anti-protozoa dan antivirus. Wow!

9. Sayur yang mengandung karotenoid
Khasiat sayuran yang mengandung karotenoid berfungsi sebagai antioksidan untuk mengurangi risiko kanker paru-paru. Sayur yang banyak mengandung kartenoid adalah daun anggur yakni sebesar 16.193 mikrogram. Selain itu, kamu bisa mengkonsumsi sayur lobak, wortel, sawi, bayam, selada, dan labu.

Paru-paru adalah salah satu organ inti terpenting untuk fungsi pernapasan. Khusus bagi perokok, mulailah mengkonsumsi sembilan poin di atas agar paru-parumu terbebas dari penyakit kronis.

sumber : idntimes.com