Pengurus KNPI Makassar Melakukan Studi Banding ke Surabaya

Editor : Lucky
Pengurus KNPI Makassar sesaat sebelum berangkat ke Surabaya
Pengurus KNPI Makassar sesaat sebelum berangkat ke Surabaya

Online24, Makassar – Pengurus Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Makassar melakukan studi banding ke Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Sabtu (5/8/2017) dini hari.

Dalam keterangannya, ketua DPD KNPI, Arman Mannahawu, menjelaskan bahwa kunjungan jajaran pengurus DPD KNPI Kota Makassar adalah untuk bersilaturahmi dan tindaklanjut pertemuan di forum ekonomi kreatif beberapa waktu lalu.

“Keberangkatan ini sebenarnya adalah bina silaturahmi, menindaklanjuti pertemuan pengurus DPD KNPI Kota Makassar beberapa waktu lalu di forum ekonomi kreatif. Di sana nanti bertemu dengan teman DPD KNPI Solo, DPD KNPI Sidoarjo, termasuk DPD KNPI Surabaya yang mengajak kita ke sana (Surabaya),” kata Ammang, sapaan akrab Arman Mannahawu.

Ammang menambahkan bahwa kunjungan ini dilakukan untuk membangun soliditas pemuda, khususnya pemuda Kota Makassar.

“Solidaritas penting di era sekarang ini, segala dimensi hidup serba modern. Hakikatnya soliditas yang dimaksud adalah membangun nasionalisme dimana tidak ada lagi istilah lokalistik, seperti saya pemuda Makassar, tetapi seharusnya saya pemuda Indonesia. Inilah maksud dari kunjungan dimaksud,” terangnya.

Sementara itu, sekretaris DPD KNPI Kota Makassar, Irwan Ade Saputra, menerangkan lebih lanjut terkait agenda kunjungan ke Kota Pahlawan tersebut. Selain bersilaturahmi dengan pengurus DPD KNPI Surabaya dan Jawa Timur, juga rencananya bertemu orang nomor satu Kota Surabaya Tri Rismaharini dan DPD KNPI Sidoarjo.

“Jadi kunjungan sebenarnya ini kan adalah studi kreatifitas, dan juga pengembangan kreatifitas, artinya saling bertukar gagasan apa yang pemuda Makassar bisa lakukan mungkin bisa diterapkan ke kabupaten / kota yang kita kunjungi, begitu juga sebaliknya,” kata Irwan.

“Terkait pertemuan dengan Ibu Walikota Surabaya, kami sudah komunikasikan dengan teman DPD KNPI Surabaya namun sepertinya ┬ásulit. Berhubung ibu Risma memiliki agenda politik ke depan, yaitu kunjungan ke daerah daerah Jawa Timur,” tutupnya.

Sekedar diketahui pengurus DPD KNPI Kota Makassar berangkat menggunakan salah satu kapal penumpang milik PT Pelayaran Indonesia (Pelni) dengan puluhan pengurus.(*)