Dua Puskesmas di Sinjai Raih Akreditasi Madya dan Utama

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Daftar raihan akreditasi puskesmas dari Kementerian Kesehatan RI. (Foto: Dinas Kesehatan Sinjai)
Daftar raihan akreditasi puskesmas dari Kementerian Kesehatan RI. (Foto: Dinas Kesehatan Sinjai)

Online24, Sinjai – Dua puskesmas di Kabupaten Sinjai, Puskesmas Lappadata dan Puskesmas Samataring kembali berhasil meraih predikat Akteditasi Madya dan Utama, setelah melalui tahapan penilaian dari tim untuk mendapatkan predikat Akreditasi Puskesmas dua puskesmas di Kabupaten Sinjai yakni Puskesmas Lappadata dan Puskesmas Samataring akhirnya menuai hasil.

“Predikat Madya diraih oleh Puskesmas Samataring, sedangkan predikat Utama diraih oleh Puskesmas Lappadata,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Andi Suryanto Asapa melalui pesan tertulisnya, Sabtu (5/8/2017).

Untuk itu, Suryanto mengharapkan penilaan ini tidak cukup kalau hanya lulus namun bagaimana kedepannya memberikan pelayanan kepada masyarakat yang jauh lebih bermutu dan berkualitas.

Mantan Direktur RSUD Sinjai ini menambahkan untuk seluruh puskesmas lainnya secara perlahan akan dipenuhi berbagai kebutuhan yang bersentuhan dengan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Kita targetkan tahun 2018 semua puskesmas yang ada di Sinjai sudah terakreditasi, pengajuan tersebut dilakukan merujuk dari keharusan terhadap setiap puskesmas dimana dalam aturan yang tertera pada Permenkes No. 46 tahun 2015 tentang kebutuhan untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan,” terangnya.

Kepala Puskesmas Lappadata, Asrul SKM, mengatakan keberhasilan mendapatkan predikat ini bisa diraih berkat kerjasama seluruh tim di Puskesmas Lappadata.

“Kami bersyukur dua puskesmas kita kembali raih predikat akreditasi, Alhamdulillah berkat kerja sama tim di Puskesmas Lappadata, predikat Utama dapat kami raih. Yang paling penting kedepannya adalah upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien akan terus kita pertahankan bahkan kita tingkatkan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Samataring, Suherlan SKM MKes, juga memberikan apresiasinya. “Predikat Madya yang kami raih adalah hasil dari kerja sama semua pihak terkait di wilayah Puskesmas Samataring serta dukungan dari Kadis Kesehatan dr Andi Suryanto Asapa dan kami mengucapkan banyak terima kasih atas segala dukungan yang di berikan kepada kami semoga apa yang kami raih ini membuat kami bisa lebih baik lagi dalam meningkatkan mutu pelayanan buat masyarakat di Puskesmas Samataring,” tuturnya.

Dalam penilaian akreditasi puskesmas ada beberapa kategori predikat yang diraih yakni Dasar, Madya, Utama dan predikat tertinggi adalah Paripurna. Di Kabupaten Sinjai sendiri sudah 6 puskesmas yang meraih Akreditasi dari berbagai predikat tadi, yakni PKM Biji Nangka, Bulupoddo, Lappadata, Samataring, Kampala, Manimpahoi.

Akreditasi puskesmas adalah proses penilaian eksternal oleh Komisi Akreditasi terhadap puskesmas untuk menilai apakah sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sesuai dengan standar yang ditetapkan. Tujuan umum akreditasi puskesmas adalah meningkatkan mutu layanan puskesmas dengan tujuan khususnya adalah memacu puskesmas untuk memenuhi standar.