Sopir Bus Jamaah Haji Sinjai Ikuti Tes Kesehatan

Reporter :
Editor : ifan Ahmad
Sopir bus DAMRI  melakukan pemeriksaan kesehatan. (Foto: Dinas Kesehatan Sinjai).
Sopir bus DAMRI melakukan pemeriksaan kesehatan. (Foto: Dinas Kesehatan Sinjai).

Online24, Sinjai – Dinas Kesehatan Sinjai bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Sinjai melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sopir bus yang akan mengantar Calon Jamaah Haji (CJH) Sinjai, Minggu (6/8/2017).

Mereka diperiksa sebelum mengantar calon jamaah haji Sinjai yang akan bertolak menuju Asrama Haji Makassar.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan terhadap 8 orang sopir bus dan 1 tenaga koordinator tersebut berlangsung di terminal angkutan umum Tellulimpoe, Kecamatan Sinjai utara.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa, yang dikonfirmasi membenarkan bahwa timnya telah melakukan pemeriksaan terhadap para sopir bus yang mengantar jamaah haji sebagai upaya pendeteksian penyakit bagi setiap individu serta merupakan salah satu bentuk perlindungan keselamatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah Sinjai.

“Khususnya terhadap keselamatan pengantaran jemaah haji Sinjai maupun kepada Sopir angkutan itu sendiri, dan ini tetap rutin akan kita laksanakan meski bukan hanya saat-saat tertentu saja sepanjang ada kerjasama atau permintaan dari instansi baik pemerintah maupun pihak swasta,” ujar dr. Dedeth, sapaan akrabnya.

Sementara itu Kepala Seksi Pencegahan dan  Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (P2PTM & KESWA), Sitti Fatimah, SKM mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan dimana sebelumnya ada permintaan dari Dinas Perhubungan Sinjai kepada Dinas Kesehatan sehingga kami melakukan deteksi dini pemeriksaan kesehatan sopir bus DAMRI.

Sementara pemeriksaan yang dilakukan Sitti Fatimah menyebutkan terdiri dari wawancara dan pemeriksaan kesehatan yakni, IMT 4 normal, 5 obesitas umum, TD 5 orang normal, 4 hipertensi, GDS 8 orang normal, 1 hiperglikemi, Cholesterol 7 normal, 2 hipercholesterol, Asam urat 2 normal, 7 hiper, tes narkoba 8 orang negatif.

“Hasil pemeriksaannya kami sudah serahkan hasilnya ke Dinas Perhubungan, hanya ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan terutama yang ada riwayat hipertensi berat di sarankan agar banyak istirahat, hindari minum kopi demi menjaga keselamatan calon jamah haji selama perjalanan nanti,” ungkapnya.