Sekjen Kemendagri Launching “72 Tahun Indonesia Kerja Bersama” Menyambut HUT RI ke-72

Editor : Endhy

kemendagri.go.id
kemendagri.go.id

Online24, Jakarta – Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Hadi Prabowo melangsungkan launching kegiatan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72 di lingkungan Kemendagri pada Jumat (4/8) pagi.

Acara tersebut diawali dengan apel bersama seluruh pegawai Kemendagri. Dalam pidato sambutannya, ia mengatakan, semangat kemerdekaan ini harus menjadi landasan pengamalan dan penghayatan untuk mengabdi lebih tinggi pada bangsa dan negara.

“Ini sesuai dengan intruksi Pak Menteri, dimana kita harus memperingati betul-betul dan menghayati arti kemerdekaan. Tidak hanya di lingkup Kemendagri, Pak Menteri pun membuat surat edaran sampai ke tingkat paling bawah dari Gubernur, Bupati, Walikota, Camat, RT dan RW,” kata Hadi Prabowo di Kemendagri, dikutip dari situs Kemendagri.

Kemerdekaan yang didapatkan ini, kata dia harus disyukuri dan diisi dengan berbagai hal positif demi menggapai cita-cita NKRI. Persoalan yang terjadi pada bangsa dan negara ini, menurut dia adalah bagian dari dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sehingga kita harus menyikapi secara arif dan juga mengedepankan aspek demokrasi. Namun juga kita harus lihat bahwa dalam tatanan pengaturan negara harus diatur yang baik, tidak berorientasi pada golongan maupun individu,” tegasnya.

Pada Jumat ini lanjut dia, adalah awal dari diadakanya berbagai perlombaan di lingkungan Kemendagri. Diketahui berbagai perlombaan akan meramikan HUT Kemerdekaan RI ke 72 di Kemendagri. Berikut jenis perlombannya, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Bola Voly, Futsal, Bola Basket. Kemudian untuk kesenian ada lomba menyanyi individu, paduan suara, tarian kreasi (Maumere) dan Stand Up Comedy.

Sementara untuk lomba pengembangan SDM Kemendagri mengadakan lomba Karya Tulis, kebersihan lingkungan kerja, keteladanan karyawan (Gol 1 dan 2) dan lomba pidato. Lomba yang sifatnya hiburan ada Tarik Tambang, Bakiak, Balap Karung, Joged Balon dan Jalan Sehat (memutari Monas).

Kemendagri juga mengadakan Bakti Sosial berupa donor darah dan Pospindu. Kegiatan ini ditutup dengan acara puncak berupa Upacara Bendera, Malam Tasyakuran dan eksibition Futsal mengundang Komisi II DPR dan PWI.