Waspada!!! Ini Ciri Psikopat yang Jarang Anda Ketahui

Editor : Endhy

slideshare.net
slideshare.net

Online24 – Psikopat Hollywood biasanya diidentikkan sebagai seorang pembunuh berantai. Nyatanya, tidak semua psikopat ‘sejahat’ itu. Namun banyak psikopat di luar sana yang tidak melakukan hal-hal seperti yang digambarkan dalam film-film.

Faktanya, mereka juga dapat melakukan aktitivas layaknya orang kebanyakan, dan kamu mungkin sudah bertemu dengan beberapa psikopat yang terlihat sangat normal.

Ketika satu persen populasi dunia dipenuhi dengan orang psikopat, tiga persen di antaranya adalah pebisnis sukses yang memimpin beberapa perusahaan, seperti yang tercantum dalam Behavorial Sciences and the Law.

Selain itu, sebagai perbandingan, sekitar 15 persen dari penghuni penjara Amerika Serikat memenuhi kriteria untuk menjadi seorang psikopat.

Sebelum kamu bisa membedakan mana yang psikopat dan mana yang tidak, kamu harus mengerti apa itu psikopat.

Psikopat bukanlah diagnosis medis yang sebenarnya. Psikopat dan sosiopat ada di dalam diagnosis antisocial personality disorder, yang berasal dari beberapa faktor genetis dan lingkungan. Gejala psikotis akan muncul di awal umur 20-an dan kadang di usia 40-an.

Sebenarnya psikopat susah untuk ditebak. Dan sering kali mereka hampir mirip dengan kebanyakan orang. Namun seiring berjalannya waktu, sifat alami mereka pasti akan terlihat. Dan tanpa banyak orang yang tahu, inilah lima hal yang biasanya psikopat miliki.

  1. Mereka sangat keren dan berkharisma

Psikopat biasanya disukai banyak orang. Mereka biasanya mampu menarik perhatian orang hanya dengan satu kali pembicaraan. Mereka mampu mempengaruhi orang dengan mudahnya. Mereka biasanya juga memiliki kisah menarik sehingga orang-orang mau mendengarkan mereka. Kemampuan mereka untuk meyakinkan lawan bicaranya sungguh menakjubkan.

  1. Mereka tak bisa merasa menyesal

Kurangnya rasa bersalah adalah salah satu pertanda bahwa seseorang mungkin adalah psikopat. Psikopat biasanya tak bisa merasakan penyesalan. Mereka tak mau bertanggung jawab karena menyakiti perasaan orang lain. Mereka justru akan menyalahkan pihak lain dan menolak untuk bertanggung jawab.

Seorang psikopat mungkin akan berkata bahwa orang lain pantas untuk diperlakukan demikian. Atau, mereka mungkin akan berkata bahwa orang lain harus berhenti bersikap sensitif, atau mungkin mereka akan berkata bahwa orang lain tak bisa menerima kenyataan.

  1. Mereka benar-benar arogan

Psikopat merasa bahwa mereka adalah orang penting. Hampir sama seperti penderita narsisis, mereka merasa bahwa peraturan umum tak berlaku bagi mereka. Mereka juga cenderung sering berkata pada orang lain soal potensial dan kemampuan mereka dengan begitu percaya diri dan arogan. Mereka percaya bahwa mereka pantas untuk menjadi CEO sebuah perusahaan. Atau mereka akan meyakinkan semua orang bahwa ia melakukan hal yang terbaik.

  1. Mereka mau mengambil risiko besar

Psikopat biasanya tak begitu memikirkan keamanan, terutama keamanan orang lain. Mereka sering kali berbohong, curang dan mencuri apapun untuk tetap bisa maju. Kebiasaan seperti ini bisa menjadi racun. Ketika tak semua psikopat terlibat dalam aktivitas ilegal, sebenarnya mereka merencanakan setiap aksi kriminal mereka dengan baik.

Rencana mereka akan sangat baik, teratur dan bahkan tak meninggalkan bukti. Psikopat cenderung sangat cerdas. Dan itulah yang membuat mereka menjadi pintar untuk bersandiwara.

  1. Mereka pintar memanipulasi pikiran lawan bicara

Mereka tak bisa mendeteksi emosi lawan bicaranya. Namun mereka mampu meniru mimik dan emosi lawan bicaranya dan bahkan terlihat sangat natural. Gak heran, keluarga mereka juga tak memiliki prasangka bahwa mereka tak mampu merasakan berbagai emosi.

Psikopat sangat pintar untuk memanipulasi emosi lawan bicaranya. Ia sangat pintar untuk memuji lawan bicaranya yang nantinya akan berakhir dengan rayuan untuk melakukan hal-hal yang tak biasanya mereka lakukan. Tak jarang psikopat biasanya juga pintar untuk menarik simpati dengan cerita-cerita menyentuh yang menguras air mata.

Jika kamu bertemu orang dengan lima tanda di atas, bukan berarti ia adalah seorang psikopat. Namun kamu tetap harus berhati-hati dengan setiap orang yang ada di sekitarmu.

sumber : idntimes.com