Mengenal Calon Striker Anyar PSM, Pavel Purishkin

Reporter :
Editor : Lucky

Pavel Purishkin ( foto: instagram.com/pasheko_88 )
Pavel Purishkin ( foto: instagram.com/pasheko_88 )

Online24, Makassar – Meski belum ada pernyataan resmi dari manajemen PSM Makassar, namun sepertinya Pavel Purishkin tinggal menunggu waktu untuk resmi berkostum tim Juku Eja.

Terlepas apakah dirinyalah striker anyar PSM itu. Ada baiknya membedah siapa Pavel Purishkin dan mengapa PSM benar-benar membutuhkan jasanya.

Pavel yang lahir pada 18 Juli 1988 (29) adalah pesepakbola Uzbekistan keturunan Rusia. Ia baru saja memainkan laga terakhirnya bersama klub Caspiy yang tampil di Divisi Utama Liga Kazakhstan.

Pavel Purishkin adalah salah satu lulusan dari akademi klub top Uzbekistan, Pakhtakor Tashkent. Diusia muda, insting mencetak golnya bahkan sudab terlihat. Ia menjadi top skor liga cadangan Uzbekistan tahun 2007 dan menjadi bagian Timnas Uzbekistan U-17 di kejuaraan AFC U-17 tahun 2004 di Jepang.

Purishkin memulai karir profesionalnya tahun 2007 bersama Shurtan Guzar di Liga Uzbekistan.

Pada 2011, Pavel memutuskan pindah ke Divisi Utama liga Kazakhstan dan kembali menunjukkan ketajamannya. Ia mencetak 44 gol dari 99 pertandingan di empat klub berbeda. Yakni Ak Bulak, Spartak Semey, Astana – 1964 dan CSKA Almaty.

Pada tahun 2013, ia mampu membawa Spartak Semey promosi ke kompetisi kasta tertinggi, Liga Primer Kazakhstan. Raihan itu diperoleh usai timnya menang 1-0 atas FC Vostok di babak playyoff.

Purishkin juga pernah merumput di liga Malasyia bersama UiTM FC pada tahun 2016 lalu. Purishkin langsung nyetel di laga perdananya dengan mencetak hattrick serta menyumbang satu assist dalam kemenangan 4-1 melawan Sabah FA. Total ia menorehkan 8 gol dari 8 laganya.

Berkaca dari karir Pavel Purishkin, gol-gol pemain ini tentu sangay diharapkan agar mengangkat performa tim di paruh kedua Liga 1 Indonesia. Apalagi dengan postur 1,87 meter, ia bisa diandalkan untuk duel udara pasca PSM ditinggal Reinaldo da Costa yang merapat ke Persija.

Pavel juga adalah tipe pemain yang tidak hanya menunggu di kotak penalti atau hanya sebagai pemantul bola atau tembok. Kemampuanya mendribling bola dan bermain one on one ditambah akurasi kekuatan tendangan yang bertumpu di kaki kanannya juga cukup mumpuni.

Patut dinantikan debut calon striker anyar ini bersama Hamka Hamzah cs untuk membantu PSM Makassar mewujudkan gelar juara yang ditargetkan tahun ini.(*)