Pemkab Sidrap Anggarkan Dana Rp1,7 Miliar untuk Pembangunan 2 Jembatan Rusak

Editor : Asri Muhammad

Online24, Sidrap – Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Sidrap langsung bereaksi cepat tanggap darurat, setelah bencana banjir bandang melanda warga kampung Bulete Desa Dengeng-dengeng Belawae, Senin (7/8/2017) lalu.

Sejumlah fasilitas umum ,termasuk akses jembatan yang menghubungkan sejumlah desa di kecamatan Pitu Riase tersebut, akan menjadi prioritas Pemkab Sidrap untuk diperbaiki.

Sebelumnya, dua akses vital yakni jembatan Dengeng-dengen runtuh dan terputus, membuat tiga desa terisolir sejak diterjang air bah. Selain itu, juga ada perbaikan jalan nasional Bulete yang juga ikut rusak terkena imbas banjir bandang tersebut.

Kepala Bidang Perencangan Jembatan Dinas Bina Marga Sidrap Abd Razad SP, yang dikonfirmasi, membenarkan jika Pemkab Sidrap akan memprioritaskan perbaikan jembatan secara permanen tahun ini.

Sebagai langkah awal, pihaknya sudah merencanakan pembangunan jembatan darurat agar akses sartu-satu yang menghubung 3 desa itu akan dbangun dengan anggaran estimasi 100 juta.

“Pertencanaannya sudah ada, paling lambat besok hari ini,red) sudah kita mulai pengerjaan jembatan darurat. Anggarannya sudah tersedia pada tanggap darurat bencana sebanyak Rp100 juta,” ungkap Abd Razad, Selasa (9/8/2017).

Untuk proses perbaikan jembatan permanen, kata dia, Dinas Bina Marga sudah merencanakan estimasi angaran sebesar Rp1,7 miliar untuk pembangun jembatan baru secara permanen.

“Anggarannya akan kita usulkan pada APBD-Perubahan sebesar Rp1,7 Miliar. Insyallah, paling lambat Oktober sudah bisa dikerjakan tahapannya,” pungkasnya.