Dalami Peran H. Bur, Kejati Periksa Kepala Bappeda Takalar

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Gedung Kejati Sulselbar
Gedung Kejati Sulselbar

Online24, Makassar – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar, Ridwan Nur, hari ini, Kamis (10/8/2017) diperiksa penyidik Kejati Sulsel.

Ia diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan pejualah tanah milik negara yang diperuntukan untuk lahan transmigrasi di Laikang, Kecamatan Mangaragombang, Kabupaten Takalar.

Kasipenkum Kejati, Salahuddin, mengatakan ia diperiksa dan dimintai keterangan terkait dengan peranan tersangka dalam kasus ini.

“Tim menggali keterangan saksi yang diperiksa, terkait sbagaimana perencanaan sehingga lahan itu bisa lepas dari kepemilikan negara,” kata Salahuddin.

Dalam pemeriksaan tersebut, penyidik juga melakukan pendalaman terkait seberapa jauh peran Bupati Takalar, Burhanuddin Baharuddin, dalam proses perencanan pembebasan serta penjualan lahan negara tersebut.

Dalam kasus yang merugikan negara sebesar Rp 17 miliar tersebut, Burhanuddin Baharuddin, bersatus sebagai tersangka. Burhanuddin ditetapkan tersangka oleh Kejati pada Rabu (20/7/2017) lalu. Ia menyusul bawahannya, yakni Camat Mangarabombang; Nur Oetary, Sekdes Laikang; Risno, dan juga Kades Laikang; Sila Laidi.

Ketiga bawahan Burhanudin sudah lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka dan saat ini tengah menjalani proses persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadilan Negeri (PN) Makassar.