KPU Sinjai Gelar Pemutakhiran Data Pemilih Jelang Pilkada

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Rapat pemutakhiran data pemilih tetap yang digelar KPU Sinjai.( Foto: KPU Sinjai).
Rapat pemutakhiran data pemilih tetap yang digelar KPU Sinjai.( Foto: KPU Sinjai).

Online24, Sinjai – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai menggelar rapat pemutakhiran data pemilih jelang pelaksanaa Pilbub dan Pilgub serentak 2018 mendatang.

Rapat koordinasi pemutakhiran data tersebut digelar di Aula RM Nikmat, Jalan Persatuan Raya, Kamis (10/8/2017). Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Sinjai, Abd. Haris Umar, Kapolres Sinjai, AKBP Ardiansyah, Dandim 1424, Letkol Czi Gunawan Susianto, para komisioner KPU, Sekertaris KPU Sinjai, pengurus Parpol, Camat serta Lurah.

Ketua KPUD Sinjai, M. Arsal Arifin, mengatakan rapat koordinasi ini digelar bertujuan agar data pemilih bisa termutakhir dan tersusun dengan valid, akurat, serta kompfrensif.

“Dalam rakor ini bertujuan untuk memberikan gambaran data pemilih yang akan menjadi acuan nantinya,” ujar Arsal.

Ditambahkannya, selama ini data pemilih selalu menjadi polemik yang menyebabkan kisruh hingga karena gugatan sengketa pasca pesta demokrasi usai.

“Kami tidak mau lagi pada pesta demokrasi mendatang tidak terjadi lagi permasalahan seperti ini. Untuk itu, pada rakor ini kami sengaja mengundang dari perwakilan seluruh parpol untuk memberi masukan untuk dijadikan acuan nantinya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sinjai Drs. Akmal selaku narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa data penduduk yang telah melakukan perekaman e-KTP sudah mencapai 95 persen.

“Untuk data pemilih akan kami serahkan ke Mendagri langsung dan selanjutnya diserahkan ke KPU pusat untuk selanjutnya akan menjadi acuan dalam menetapkan daftar pemilih tetap (DPT),” ungkapnya.