Sambut HUT RI Ke-72, Komunitas Bonsai Sidrap Pamerkan Ratusan Bonsai

Reporter :
Editor : Endhy

Online24, Sidrap – Komunitas Persatuan Pecinta Bongsai (PPBI) cabang Sidrap kembali menggelar pameran tanaman hias Bonsai,  Kamis (10/8/2017). Kegiatan yang berlangsung hingga 20 Agustus inii memamerkan sebanyak 171 jenis pohon Bonsai.

Ketua Panitia H. Bahrul Appas menjelaskan peserta yang ikut berpartisipasi sebanyak 60 orang dari berbagai daerah seperti Soppeng, Parepare,  Makassar, Pangkep,  Enrekang dan Sidrap.

Bahrul menambahkan jenis bonsai yang dipamerkan ini antara lain Kawista, Ulmus,  Serut, Asam, Okiyanti, Santigi, Sianci, Kimeng, Saengsimbur, Pusubatu, Sancang, Bonut, Akar Kuning, Wahong, Jeruk Kingkik, Sarimbung, Kemuning, Arabika,  Sianto, Buah Jaminah, Loah, serta Ladalada.

“Ini sengaja kami gelar untuk memeriahkan HUT RI ke 72 dan juga merupakan pameran kelima kalinya yang diadakan sejak dibentuknya komunitas PPBI cabang Sidrap,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum PPBI Sidrap, H. Zulkifli Zain mengatakan pameran Bonsai ini merupakan inisiatif penggemar pohon Bonsai di seluruh daerah di Sulsel khususnya di Sidrap. Tujuannya juga untuk mengajak masyarakat agar lebih cinta dengan lingkungan yang hijau, sehingga kata dia diharapkan bisa menumbuhkan semangat pada masyarakat dan pada akhirnya timbul budaya penghijauan lingkungan sekitar.

“Pameran ini juga sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah yang sukses mendapat penghargaan piala Adipura Bidang Kebersihan Kota, dan saya berharap kegiatan semacam ini bisa dimasukkan dalam agenda tahunan,” ujar  H Zulkifli Zain yang juga menjabat sebagai ketua DPRD Parepare.

Hal yang sama juga dikatakan Kapolres Sidrap, AKBP Witarsa Aji menjelaskan pameran bonsai seperti ini wajib dikembangkan karena merupakan tumbuhan langka.

“Kreatif dan sangat bagus. Saya juga pecinta bonsai. Tentu event seperti ini harus dikembangkan untuk mendukung pariwisata kita, dan Lebih bagus kalau dikolaborasikan pameran lain seperti wisata-wisata dan budaya yang ada di Sidrap,” harap AKBP Witarsa Aji saat memberikan sambutan.

Hadir dalam pameran ini diantaranya Kadis Pertanian mewakili Bupati Sidrap, Ir H. Amiruddin, Wakapolres Kompol H. Sudarno, Camat Panca Rijang Anwar Lambogo dan Kapolsek Urban Panca Rijang Kompol Abriadi.