Anggota DPRD Soppeng Sejahtera, Bagaimana Nasib Rakyat?

Reporter :
Editor : Lucky

Rapat Dengar Pendapat tentang kenaikan gaji Anggota DPRD Soppeng.
Rapat Dengar Pendapat tentang kenaikan gaji Anggota DPRD Soppeng.

Online24, Watansoppeng – Anggota DPRD Kabupaten Soppeng bakal semakin sejahtera setelah terbitnya PP 18/2017 tentang Tunjangan Kenaikan Gaji Anggota DPRD.

Gaji anggota DPRD Kabupaten Soppeng akan terelisasi pada September nanti. Hari ini, Jumat (11/8/2017), dilaksanakan Rapat Dengar Pendapat tentang kenaikan gaji Anggota DPRD Soppeng.

Kenaikan gaji Anggota DPRD Soppeng akan menjadi enam kali lipat dari gaji pokok. Saat ini, gaji pokok anggota DPRD Soppeng mencapai 4,6 juta per bulan. Jika bersama dengan tunjangan, pendapatan anggota dewan mencapai Rp 14 juta per bulan.

Jadi, jika PP Nomor 18 itu diberlakukan, maka gaji pokok anggota DPRD Soppeng bisa mencapai Rp 25 jutaan per bulan, belum termasuk tunjangan. Diperkirakan total akan mendapat penghasilan sekitar Rp 40 juta perbulannya

Selain itu, anggota DPRD akan mendapatkan uang tunjangan transportasi. Besarannya tergantung harga sewa kendaraan. Selain tunjangan transportasi, anggoto DPRD juga akan mendapatan tunjangan beras dan tunjangan rerses yang besarannya tujuh kali uang representasi dan itu di luar anggaran reses rutin yang biasanya dilakukan tiga kali dalam setahun.

Anggota DPRD Soppeng tentung sangat bersyukur jika gajinya naik. Namun, bagaimana dengan nasib rakyatnya?

Salah seorang warga Soppeng, Hairul, meresponnya dengan dingin tentang kenaikan gaji anggota DPRD itu. Menurutnya, masih banyak yang dibutuh Kabupaten Soppeng dari pada kenaikan gaji anggota DPRD.

“Untuk apa naikkan gaji anggota dewa, apalagi mencapai Rp 40 juta per bulan. Rakyat juga masih membutuhkan dana tersebut. Masih banyak di kabupaten Soppeng perlu dibenahi. Rakyat tidak sejahtera, malah anggota dewan yang sejahtera ” ungkapnya

Sementara itu, Wakil Bupati Soppeng, Supriansa, merespon positif kenaikan gaji anggota dewan. Namun menurutnya, Anggota DPRD diharuskan memperhatikan hak masyarakat dan juga program pemerintah mengenai masyarakat Soppeng.

“Saya sangat mendukung kenaikan gaji Anggota DPR. Tapi mereka harus memperhatikan masyarakat  dan mengawal program pemerintahan Soppeng dengan baik,” ungkap Supri.