Terima SKB 4 Menteri Terkait Ormas HTI, Ini Respon Kesbangpol Sidrap

Reporter :
Editor : Lucky

Kepala Kesbangpol Sidrap, Makmur
Kepala Kesbangpol Sidrap, Makmur

Online24, Sidrap – Empat kementrian mengeluarkan surat edaran keputusan bersama (SKB) tentang himbauan dan pembinaa terhadap mantan pengurus, mantan anggota, pengikut, dan atau simpatisan organisasi kemasyarakatan Hizbut Tahrir Indonesia (Ormas HTI), yang telah dicabut status badan hukumnya dan dinyatakan bubar. Hal itu dikatakan Kepala Kesbangpol Sidrap, Makmur, Jumat (11/8/2017).

SKB tersebut, lanjut Makmur, dikeluarkan oleh Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Hukum dan HAM RI, Kemenpan, serta Kejaksaan RI. Dalam SKB tersebut, dijelaskan, mulai dari mantan pengurus dan anggota HTI tidak diperbolehkan lagi menganut, mengembangkan, dan menyebarkan ajaran atau paham yang bertentangan dengan Pancasila.

Selain itu, mereka juga diminta untuk mengikuti himbauan dalam SKB tersebut.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga dan memeilihara kerukunan, ketentraman, dan ketertiban kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ujar Makmur.

“Untuk di Kabupaten Sidrap, ormas HTI tidak ada. Namun kami tetap melakukan sosialisasi terkait SKB dari empat Kementerian dan Lembaga ini. Kami juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait agar bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” tandas Makmur.(*)