154 Peserta Ikuti Lintas Merah Putih Gunung Lompobattang-Bawakaraeng

Reporter :
Editor : Lucky

Peserta Lintas Merah Putih
Peserta Lintas Merah Putih

Online24, Makassar – Sebanyak 154 orang peserta mengikuti Lintas Merah Putih yang akan menempuh rute dari Gunung Lompobattang menuju ke puncak Gunung Bawakaraeng mulai 12-18 Agustus 2017. Ratusan peserta dari berbagai kota seperti Makassar, Bandung, Manado, Gorontalo.

Mereka dilepas oleh Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kota Makassar, Anshar Anwar, dan tokoh pemerhati lingkungan, Asmin Amin, di Lapangan Emmy Saelan, Makassar, Sabtu (12/8/2017) siang.

Ketua Forum Pemerhati Lingkungan (FPL) Makassar, Muh Taufik atau karib disapa Bung Opick, sebagai pelaksana kegiatan mengatakan, Lintas Merah Putih ini yang sudah memasuki tahun ke-10. Kal ini mengangkat tema “Satu Dekade dalam Kebersamaan”.

“Di tahun kesepuluhnya, kami ingin menjalin silaturahmi dengan senior-senior kami di FPL dan para pecinta alam dari berbagai daerah. Puncak acaranya nanti pengibaraan bendera Merah Putih di puncak Gunung Bawakaraeng, tepat pada hari Kemerdekaan pada 17 Agustus,” ujarnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ribuan pecinta alam akan memenuhi puncak Gunung Bawakaraeng untuk menggelar Upacara Kemerdekaan, 17 Agustus.

Lebih lanjut, Opick mengatakan jika lintas alam ini juga akan dirangkaikan dengan penanaman pohon sebagai wujud menjaga kelestarian alam.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kota Makassar Anshar Anwar mengaku bangga dan senang dengan diadakannya kegiatan ini.

“Pemerintah tentu mensupport acara seperti ini karena mendukung pelestarian alam. Tahun selanjutnya, Dispora Makassar akan mendukung penuh kegiatan ini dengan menjadi promotor Lintas Merah Putih,” janjinya.

Opick menambahkan, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, panitia menerjunkan 6 tim Search And Resque (SAR) dan 6 tim medis untuk mendampingi perjalanan peserta selama enam hari.

“Jadi peserta dibagi menjadi enam tim. Setia tim didampingi tim SAR dan tim medis. Kami perkirakan tepat 17 Agustus nanti akan ada 3.000 orang akan bergabung mengikuti upacara bendera di puncak Bawakaraeng,” tutupnya.(*)