Robert Beberkan Kunci Kemenangan PSM Atas Persela

Reporter :
Editor : ifan Ahmad
Wiljan Pluim merayakan golnya ke gawang Persela Lamongan di di Stadion Surajaya,Sabtu (12/8/2017) malam dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-19. (Foto: MO PSM Makassar)
Wiljan Pluim merayakan golnya ke gawang Persela Lamongan di di Stadion Surajaya,Sabtu (12/8/2017) malam dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-19. (Foto: MO PSM Makassar)

Online24, Lamongan – Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts mengakui kemenangan 1-0 yang diraih timnya atas Persela Lamongan adalah karena buah ketenangan permainan anak asuhnya.

Hal itu memang terlihat di babak pertama pada laga di Stadion Surajaya, Lamongan, Sabtu (12/8/2017) malam. Hamka Hamzah cs memang terlihat tidak terlalu terburu-buru untuk melakukan serangan dan merebut bola dari tim lawan.

“Kuncinya adalah ketenangan. Di babak pertama kita tidak terlalu menggunakan kecepatan dan pergerakan untuk menguasai bola,” beber Robert.

Barulah tim Juku Eja mengeluarkan seluruh tenaganya saat laga menyisakan 20 menit di babak kedua. Hasilnya, melalui skema sepak pojok, sundulan Wiljan menerima umpan Marc Anthony Klok mampu menggetarkan gawang Choirul Huda.

“Kita lebih bermain sabar dan menciptakan banyak peluang. Pertandingan tadi sebenarnya cukup seimbang. Tapi 20 menit di akhir babak kedua, kita lebih menguasai jalannya pertandingan,” sambungnya.

Di sisi pertahanan, pelatih asal Belanda itu meminta anak asuhnya untuk menjaga pergerakan striker andalan Laskar Joko Tingkir asal Brasil, Ivan Carlos.

“Kita tahu dia striker yang sangat kuat berduel. Apalagi saat dia memutar badannya dan menghadap ke arah gawang kami. Kita tidak membiarkan dia melakukannya, meskipun beberapa kali dia lolos,” ungkapnya.

Kendati sejumlah peluang disia-siakan anak asuhnya dan hanya meraih kemenangan tipis, Robert mengaku tetap puas.

“Kesempatan emas itu ada pada peluang Tibo (Titus Bonai) dimenit 76. Saya lebih baik menang 1-0 dari pada 3-2. Namun bagi para media atau suporter lebih senang kalau skornya 3-2,” tambahnya.