Pesan di WhatsApp Anda Sudah Hilang? Ini Cara Mengembalikannya

Editor : Endhy
andro4all.com
andro4all.com

Online24 – Saat berganti smartphone, otomatis semua dokumen pribadimu akan otomatis hilang. Termasuk dokumen berupa catatan alias pesan yang kamu kirim maupun terima di aplikasi WhatsApp.

Jika catatan atau pesan di aplikasi WhatsApp-mu itu gak terlalu penting sih wajar-wajar saja kalau hilang. Namun, kalau pesan atau catatan di WhatsApp yang hilang itu berisi obrolan dengan klien maka bisa jadi sangat menyusahkan.

Namun tenang, ada cara ‘ajaib’ yang bisa kamu lakukan kok sebenarnya untuk mengembalikan pesan di aplikasi WhatsApp yang hilang bersamaan dengan bergantinya smartphone yang kamu pakai. Begini caranya.

Backup data atau obrolanmu ke Google Drive.

Jadi, saat menggunakan WhatsApp ada baiknya kamu selalu mem-backup segala data (termasuk isi pesanmu) ke Google Drive. Cara ini sekarang sudah ada secara otomatis di aplikasi WhatsApp.

Jadi, saat kamu harus berganti smartphone atau misalnya ada masalah di aplikasi WhatsApp yang menyebabkan chatting semua hilang maka secara otomatis bisa dikembalikan. Untuk itu, kamu wajib mengaktifkan dulu fitur backup data di WhatsApp ini ke Google Drive.

Caranya adalah:

  1. Buka WhatsApp
  2. Pilih tombol Menu dengan simbol titik tiga di pojok atas > Settings > Chats > Chat Backup.
  3. Klik pada Backup to Google Drive dan pilih frekuensi backup data yang kamu inginkan atau klik langsung pada Backup untuk segera melakukan backup data.
  4. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memilih sebuah akun Google yang kamu gunakan untuk mem-backup riwayat chatting di WhatsApp.
  5. Lalu, klik pada Backup untuk memilih jaringan yang ingin kamu gunakan untuk melakukan proses backup.

Gimana mudah kan cara backup data alias obrolan di WhatsApp ke Google Drive?

Setelah backup data, maka secara otomatis chatting-mu gak bakal hilang walau kamu berganti smartphone sekali pun!

Ya, kalau kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas maka secara otomatis pesanmu akan tersimpan dan setiap kamu berganti smartphone atau ada kerusakan pada aplikasi WhatsApp-mu maka secara otomatis pesan lama yang penting tidak akan hilang dan bisa kamu akses lagi.

Namun perlu kamu ingat, untuk mengembalikan pesan yang sudah di backup di Google Drive itu maka kamu wajib melakukan langkah-langkah berikut ini.

Jadi, saat berganti smartphone dan kamu menginstal aplikasi WhatsApp baru maka secara otomatis pihak WhatsApp akan menawarkan kamu pemulihan riwayat chatting dan media dari backup data yang pernah kamu buat.

Pilih menu Pulihkan ketika diminta untuk melakukannya. Lalu secara otomatis backup data yang berisi chatting dan dokumen di aplikasi WhatsApp sebelumnya atau di smartphone sebelumnya bisa kamu akses lagi.

Namun, jika WhatsApp tidak dapat mendeteksi adanya cadangan, kemungkinan karena kamu tidak terhubung dengan akun Google yang sama. Bisa juga, kamu tidak menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang digunakan untuk membuat backup.

Untuk itu, pastikan akun Google atau nomor teleponmu wajib sama ya selama berganti smartphone atau menginstal ulang aplikasi WhatsApp, supaya pesan atau chat lamamu yang penting bisa dipulihkan dan diakses lagi.

Selamat mencoba!

sumber : idntimes.com