Dua Tenaga Kesehatan Sinjai Singkirkan Perwakilan 34 Provinsi

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Malam penganugerahan tenaga kesehatan teladan di puskesmas tingkat nasional. (Foto: Dinas Kesehatan Sinjai)
Malam penganugerahan tenaga kesehatan teladan di puskesmas tingkat nasional. (Foto: Dinas Kesehatan Sinjai)

Online24, Jakarta – Setelah sebelumnya berhasil terpilih menjadi tenaga kesehatan teladan I tingkat Provinsi Sulawesi selatan, dua tenaga kesehatan Kabupaten Sinjai kembali menyikirkan tenaga kesehatan dari 34 provinsi di ajang penilaian tingkat nasional.

Dua tenaga kesehatan Kabupaten Sinjai yang masing-masing lolos dalam tiga besar tingkat nasional, yakni dr.A. Muh Akram Kastiran yang berasal dari Puskesmas Kampala Kecamatan Sinjai timur untuk kategori dokter dan Maemanah Noer, SKM yang mengabdi di Puskesmas Samaenre Sinjai selatan untuk kategori tenaga laboratori.

Penilaian tingkat nasional ini berlangsung di Hotel Sahid Jakarta. Dua tenaga kesehatan Sinjai didampingi langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa.

Untuk kategori dokter, dr. Akram memiliki inovasi yakni “Komunitas Sayang Jantung (Kita Sayang) sebagai inovasi yang efektif dalam promotif dan preventif terhadap penanganan penyakit jantung coroner di Sinjai. Sementara itu, untuk kategori tenaga laboratorium Maemanah SKM dengan judul inovasi “Pentingnya Pemeriksaan Laboratorium Untuk Mendeteksi Secara Dini Adanya Kelainan Pada Ibu Hamil Melalui Model Pemeriksaan Diluar Gedung”.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa, mengatakan bahwa dengan keberhasilan dan prestasi dua tenaga kesehatan kita tentunya sangat membanggakan nama baik Kabupaten Sinjai, dengan membuktikan mampu lolos ke tiga besar tingkat nasional ini merupakan keberhasilan yang tidak mudah dengan menyisihkan tenaga kesehatan teladan lainnya dari 34 provinsi.

“Rencananya para tenaga kesehatan teladan terbaik nasional ini akan mengahadiri upacara dalam memperingati detik-detik proklamasi HUT kemerdekaan RI ke-72 Tahun dan malam ramah tamah di Istana Negara,” ungkap dr. Dedeth sapaan akrabnya saat dikonfimasi via Whats App, Senin (15/8/2017).

Sementara diketahui, pihak Kementerian Kesehatan melakukan penilaian tenaga kesehatan teladan di Puskesmas tingkat nasional, dengan 9 kategori yaitu dokter, dokter gigi, perawat, bidan, laboran, kesehatan masyarakat, kefarmasian, kesehatan lingkungan, tenaga gizi. Dan diikuti oleh petugas teladan setiap provinsi.