Ternyata, Ini Filosofi Warna Bendera Merah Putih

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Bendera merah putih adalah bendera pusaka bangsa Indonesia. Bendera yang juga kerap disebut dengan sang Dwi Warna ini, ternyata memiliki filosofi yang mendalam.

Dikutip dari laman Wikipedia, bendera Indonesia memiliki makna filosofis yakni warna merah berarti keberanian, dan warna putih berarti kesucian.

Merah melambangkan raga manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan jiwa dan raga manusia untuk membangun Indonesia.

Masih dari laman Wikipedia, ditinjau dari segi sejarah, sejak dahulu kala kedua warna merah dan putih mengandung makna yang suci.

Warna merah mirip dengan warna gula jawa (gula aren), dan warna putih mirip dengan warna nasi. Kedua bahan ini adalah bahan utama dalam masakan Indonesia, terutama di pulau Jawa.

Sejak dulu, warna merah dan putih ini oleh orang Jawa, digunakan untuk upacara selamatan kandungan bayi sesudah berusia empat bulan di dalam rahim, berupa bubur yang diberi pewarna merah sebagian. Orang Jawa percaya, bahwa kehamilan dimulai sejak bersatunya unsur merah sebagai lambang ibu, yaitu darah yang tumpah ketika sang jabang bayi lahir, dan unsur putih sebagai lambang ayah, yang ditanam di gua garba.

Bahkan warna merh putih ini sudah ada sejak lama. Ketika Kerajaan Majapahit berjaya di Nusantara, warna panji-panji yang digunakan adalah merah dan putih (umbul-umbul abang putih).