Tukang Becak Ikut ‘Balapan’ Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-72

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Jika biasanya becak dipakai sebagai moda transportasi. Kali ini, para pengayuh becak di Kota Makassar menggunakan becaknya untuk balapan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun.

Sejumlah warga di kecamatan Bontoala, Kota Makassar, yang berprofesi sebagai tukang becak atau akrab disapa daeng becak ini menggelar drag becak di Jalan Bandang, Kamis (17/8/2017).

Sebanyak 64 orang peserta, turut serta dalam lomba drag becak sebagai bentuk kebahagiaan dan kesyukuran warga atas jasa-jasa pahlawan yang berjasa memperjuangian kemerdekaan Indonesia 72 tahun silam.

Tak pelak aksi, daeng becak ini membuat ribuan warga sekitar ramai-ramai dan sangat antusias menyaksikan aksi mereka berlomba menjadi yang tercepat menyentuh garis finis.

“Ini salah satu bentuk kegiatan kami dalam meramaikan HUT Indonesia yang ke 72. Dengan mengadakan lomba balap becak ini, kami ingin mengangkat konten lokal,” ujar Ketua panitia lomba, Arief Oesman.

Arief melanjutkan, selain menyemarakkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia, ia melihat jika keberadaan dari kendaraan tradisional becak sudah mulai hampir punah digusur oleh modernisasi.

“Ini juga salah satu langkah kami kembali memunculkan kendaraan tradisional becak. Dimana keberadaannya sudah mulai memudar karena adanya bentor dan kita akan mulai munculkan kembali kendaraan tradisional ini melalui lomba ini,” jelasnya.