Begini Keseruan Volunteer Dompet Dhuafa Rayakan Peringatan Kemerdekaan RI

Editor : ifan Ahmad

Lomba balap karung. (Foto: Dompet Dhuafa Sulsel)
Lomba balap karung. (Foto: Dompet Dhuafa Sulsel)

Online24, Gowa – Volunteer atau relawan Dompet Dhuafa Sulsel turut merayakan semarak peringatan Kemerdekaan RI ke-72 tahun dengan tema “Membangun Jiwa Nasionalisme dalam Bingkai Kerelawanan” di Kampung Ternak Dompet Dhuafa Sulsel di Jl. Macanda, Samata, Kabupaten Gowa, Kamis (17/8/2017).

Pemandangan berbeda nampak di lokasi kampung ternak milik dhuafa sebagai tempat pengembangbiakkan ternak (sentra ternak) dengan pemberdayaan masyarakat miskin .

Kegiatan didahului dengan kegiatan upacara bendera 17 Agustus. Pimcab Dompet Dhuafa Sulsel sebagai pembina upacara menyampaikan amanatnya bahwa, hari ini adalah hari bersejarah, karena baru kali ini merayakan Hari kemerdekaan di Kampung Ternak.

Meskipun upacara bendera terbilang sederhana namun tetap berjalan khidmat dengan antusias penerima manfaat dari program kampung ternak milik dhuafa dan warga sekitar dalam membangun jiwa nasionlisme sebagai warga Indonesia.

Menurut Manager Program Dompet Dhuaf Sulsel, Nurwana, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indoensia ke 72 Tahun yang melibatkan Amil, Volunteer, Penerima Manfaat dan warga sekitar. Selain bertujuan menjaga tali silaturahim dengan penerima manfaat, juga ingin melibatkan para penerima manfaat untuk ikut memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Setelah upacara bendera, dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan yang menambah kemeriahan semarak kemerdekaan. Beragam lomba yang digelar dalam kegiatan ini, termasuk lomba-lomba yang lucu yang menambah keceriaan semarak kemerdekaan, seperti balap karung, lomba kelereng, hias ternak, tarik tambang, makan kerupuk, dan lomba bola corong yang menambah kemeriahan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Ada yang berbeda dalam lomba kemerdekaan yang dilakukan Volunteer Dompet Dhuafa Sulsel kali ini yaitu adanya lomba hias hewan ternak yang diikuti oleh penerima manfaat program kampung ternak, lomba balap karung menggunakan helm, dan lomba bola corong. Kesemua lomba-lomba kemerdekaan tersebut dilaksanakan di kampung ternak, tentunya kegiatan ini sangat seru dan lucu, serta mengundang tawa terbahak-bahak dari para penonton yang menyaksikan lomba tersebut yang semakin memeriahkan semarak peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-72 tahun ini,” ujarnya.

Masyarakat tampak antusias dan sangat bahagia karena dapat menikmati lomba kemerdekaan serta berbagi senyum dalam kegiatan ini tanpa terkecuali karena dalam kegiatan ini karena melibatkan semua elemen masyarakat. (*)