Ini Kuliner Khas Arab Saudi yang Bisa Anda Cicipi Saat Sedang Haji atau Umrah

    Editor : Endhy

    Para pedagang di Arab Saudi menjajakan dagangannya. (Foto: www.islam-watch.org)
    Para pedagang di Arab Saudi menjajakan dagangannya. (Foto: www.islam-watch.org)

    Online24 – Arab Saudi merupakan pusat peribadatan umat muslim seluruh penjuru dunia. Terletak di Asia Barat, di negara ini terdapat Ka’bah yang menjadi kiblat umat Islam saat beribadah dan dijadikan jujukan untuk menunaikan ibadah haji.

    Jika kamu sedang menjalankan ibadah haji atau berencana umrah, jangan lupa mengunjungi sejumlah tempat bersejarah perkembangan umat Islam di dunia. Tak hanya itu, kamu juga wajib mencicipi tujuh street food khas Arab Saudi berikut ini.

    1. Yughmish

    Berbahan dasar tepung gandum, yughmish merupakan roti berisi daging lembut. Kudapan ini dimasak dengan cara dipanggang layaknya rotipada umumnya. Ukurannya yak tak begitu besar membuat yughmish menjadi snack yang dilahap untuk ‘mengganjal’ perut.

    1. Mutabaq

    Mutabaq sebenarnya berasal dari Yaman, namun banyak ditemukan di berbagai tempat di Arab Saudi. Terbuat dari tepung, mutabaq diisi dengan daging cincang, telur, daun bawang, tomat, dan bawang merah. Di Indonesia, mutabaq mirip dengan martabak telur.

    1. Batatis

    Batatis umumnya dimakan bersama saus cabai ataupun saus tomat. Aromanya yang lezat membuat siapapun tidak akan menolak untuk melahapnya.

    1. Luqaimat

    Bercita rasa manis, luqaimat mirip dengan kue donat. Hanya saja, luqaimat cenderung kering Hajidi bagian luar dan lembut di bagian dalamnya. Sementara itu, gula meleleh di bagian luarnya membuat kue ini menjadi favorit di Arab Saudi saat Ramadan.

    1. Kulfi

    Kulfi merupakan es krim yang terbuat dari susu full cream yang dibalut dengan khoa dan ditaburi kacang tanah. Rasanya yang manis dan dingin membuat kudapan ini cocok menjadi kudapan setelah makan berat.

    1. Malabari Paratha

    Malabari paratha merupakan roti pipih yang berasal dari India. Meskipun begitu, kudapan ini juga banyak ditemukan di negara-negara Timur Tengah, Arab Saudi salah satunya. Umumnya, roti pipih ini disajikan dengan kari.

    1. Lahoh

    Bentuknya yang tipis dan bulat membuat lahoh mirip dengan pancake. Begitu juga dengan rasanya, manis dan lembut. Di Arab Saudi, lahoh biasanya dimakan dengan madu atau yoghurt.