Tanggapan KPUD Sulsel Soal Jalur Independen di Pilkada 2018

Reporter :
Editor : Fahmi
Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latief
Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latief

Online24, Makassar – Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulsel, Iqbal Latief angkat bicara terkait perubuhan form dukungan jalur independen di pilkada serentak tahun 2018 mendatang.

Menurutnya, perubahan tersebut berada pada persyaratan dukungan yang mengharuskan untuk sepasang calon.

“Jadi tidak hanya calon Bupati atau Gubernurnya saja, tapi pernyataan dukungan itu harus pasangan calon,” kata Iqbal Latief saat ditemui di Kantor KPUD Sulsel, Jalan AP Pettarani, Rabu (23/8/2017).

Lebih Lanjut, ia mengatakan saat ini pihaknya sementara menunggu perubahan terbaru Peraturan KPU nomor 3 yang menyangkut tentang pencalonan.

Hal ini berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi terkait wajib pilih yang belum memiliki KTP-el, sehingga, pada nantinya wajib pilih yang belum memiliki KTP-el tetapi memenuhi syarat untuk menyalurkan hak pilih, bisa saja berhak untuk memberikan pernyataan dukungan kepada pasangan calon independen.

“Jadi misalnya 27 juni 2018 dia sudah berumur 17 tahun, maka menurut putusan MK dia itu sudah berhak juga untuk memberikan dukungan. Persoalannya kemudian, syarat dukungan itu harus dibuktikan dengan KTP-Elektronik, sementara dia belum punya toh ini yang kemudian akan menjadi peraturan lebih lanjut,” jelasnya.