Penabuhan Gendang Tandai Pembukaan PIMNAS ke-30 di UMI

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Penabuhan gendang tandai dibukanya secara resmi PIMNAS
Penabuhan gendang tandai dibukanya secara resmi PIMNAS

Online24, Makassar – Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-30 yang diadakan Universitas Muslim Indonesia, yang berlangsung di halaman Auditorium Al Jibra UMI, Rabu (23/8/2017), dibuka secara resmi oleh Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Intan Ahmad, bersama Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo ditandai dengan pemukulan gendang.

Acara dibuka dengan tarian kolosial, dihadiri Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Intan Ahmad, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal, Kapolda Sulsel Kombes Pol Muktiono, dan tamu delegasi dari setiap perwakilan kampus.

Dalam sambutannya, Rektor UMI, Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar, mengatakan dengan adanya kegiatan ini mahasiswa akan mampu mengevaluasi sampai sejauh mana kemampuan yang dimilikinya.

“Ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi setiap perguruan tinggi yang ikut serta dalam acara ini. Karena setiap perguruan tinggi akan mampu melihat sejauh mana kemampuan mahasiswanya,” ungkapnya.

Setidaknya 63.200 proposal judul yang masuk, akan mengikuti seleksi pada tahap pertama, dan yang lolos hanya 42.000 proposal. Selanjutnya tahap II sebanyak 3.200 proposal berhasil lolos, dan pada seleksi terakhir 420 proposal akan dinyatakan lolos.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, mengatakan PIMNAS ke-30 UMI, bukan perlombaan semata tetapi merupakan komitmen bangsa, negara dan kampus bahwa Indonesia harus lebih baik maju, modern dan mandiri kedepan.

“Mereka adalah orang-orang yang siap menjawab tantangan bangsa. Saya sebelumnya mengucapkan terima kasih karena memilih Sulsel dan UMI, karena ini adalah pilihan yang terbaik,” ucapnya.

Sebanyak 420 Tim Progam Kreativitas Mahasiswa (PKM) bertarung perebutkan medali-medali pada PIMNAS 2017 ini. 420 tim tersebut merupakan tim yang diusung oleh 89 Perguruan Tinggi (PT) di seluruh Indonesia.

Selain tim mempresentasikan masing-masing karya mereka, juga akan memamerkan karya mereka dalam bentuk poster di sepanjang koridor UMI.

Adapun ketujuh lomba (skim) yang dipertandingkan yaitu, PKM Teknologi, PKM Penelitian Eksakta, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Karsa Cipta, PKM Penelitian Sosial Humaniora, PKM Kewirausahaan, dan PKM Gagasan Tertulis.