Ini Trik Apabila Anda Ingin Foto Hitam Putih Estetis

Editor : Endhy

Ini salah satu foto black and white/foto : endiardiansyah
Ini salah satu foto black and white/foto : endiardiansyah

Online24 – Saat ini foto dengan konsep hitam putih atau yang biasa juga sering dikenal dengan sebutan B&W lagi menjadi tren. Foto dengan konsep ini bisa terlihat estetis dan menarik meski tidak tampil berwarna.

Apalagi jika dijepretnya dengan teknik yang tepat dan angle yang pas juga dengan momen yang sesuai, foto yang dihasilkan pun pasti akan terlihat lebih elegan.

Nah, biar kamu juga bisa menghasilkan foto konsep hitam putih yang estetis ala fotografer profesional, tidak ada salahnya simak tips dan trik berikut ini. Dijamin kamu makin jago dan fotomu bakal estetis setara hasil jepretan fotografer pro, bahkan jika kamera yang kamu gunakan cuma kamera smartphone saja.

  1. Perhatikan kontras objek yang akan kamu foto.

Memotret dengan konsep hitam dan putih itu bisa dibilang susah-susah gampang. Kamu wajib memerhatikan banyak hal agar hasil jepretanmu menarik dan estetis. Cara pertama, selalu perhatikan kontras objek foto yang mau kamu potret.

Hindari menggabungkan warna solid tunggal saat memotret objek dengan konsep foto hitam putih. Bukannya menarik, hasil jepretanmu bakal gak jelas dan akan terlihat gelap saja atau malah putih saja. Sebagai contoh, ketika kamu memotret bunga dengan warna asli ungu maka masukan unsur warna tanah agar komposisi fotonya terlihat lebih imbang antara gelap dan terang.

  1. Bermainlah dengan pola dan tekstur objek.

Selanjutnya, hal yang perlu kamu perhatikan saat memotret dengan konsep hitam dan putih adalah jangan pernah takut bermain dengan pola dan tekstur. Dibanding dengan konsep berwarna, memotret dalam konsep hitam dan putih pada dasarnya sangat menarik.

Soalnya, objek yang kurang menarik jika dipotret menggunakan konsep warna jadi lebih estetis saat dipotret menggunakan konsep hitam dan putih. Asal, seperti disebut di awal bahwa tekstur dari objek harus diperhatikan. Cari celah menariknya tekstur serta pola dari objek bidikanmu. Se-simpel apapun objekmu, jika dipotret dengan benar dengan konsep hitam dan putih maka hasilnya akan semenarik seperti foto di atas.

  1. Manfaatkan mode HDR.

Jika kamu memotret dengan kamera smartphone, cobalah untuk memanfaatkan mode HDR. High Dynamic Range yang diusung mode ini dapat membantumu memunculkan detail pada objek yang sedang kamu potret. Dengan memanfaatkan mode HDR kamu bisa menghasilkan foto hitam dan putih yang lebih seimbang.

Pasalnya, HDR bisa membantumu mencerahkan foto dan menyeimbangkan sisi gelap dari objek yang sedang kamu jepret. Hasilnya kalau kamu memotret dengan mode HDR plus B&W bakal seperti ini deh!

  1. Kreatiflah dengan fitur Kurva!

Jika objek sudah kamu jepret dengan konsep hitam putih, selanjutnya adalah tugasmu untuk mempercantiknya. Pertama-tama, kamu bisa masuk ke fitur editing bawaan atau pihak ketiga. Pilih Curve alias fitur kurva untuk membentuk warna hitam dan putih yang sesuai dengan seleramu.

Misalnya, kamu bisa menurunkan warna merah pada Kurva untuk membuat foto hitam putihmu jauh lebih kuat. Kamu juga bisa menaikkan warna hijau agar foto hitam putihmu terlihat lebih hidup ala hasil jepretan fotografer pro. Percayalah, jika kamu mendapatkan feel yang pas maka saat mengedit hasil foto hitam putihmu bakal sedramatis dan estetis ini.

Gimana, gampang kan caranya? Segera praktikkan deh, dijamin foto hitam putih yang kamu buat hasilnya bakal seindah karya fotografer pro.